OTOMOTIF

Menjajal Vespa GTS Super Sport 150, Bertenaga dan Nyaman Dikendarai

PT Piaggio Indonesia baru saja merilis jajaran Vespa GTS teranyar yakni Classic, Super Sport dan Super Tech yang memiliki kelebihan masing-masing.

Featured-Image
Test Ride Vespa GTS Super Sport 150. Foto: dok. PID

bakabar.com, JAKARTA - PT Piaggio Indonesia baru saja merilis jajaran Vespa GTS teranyar yakni Classic, Super Sport dan Super Tech yang memiliki kelebihan masing-masing baik dari sisi tampilan, mesin hingga fitur-fiturnya.

Meski sekilas keluarga terbaru dari Vespa GTS tidak tampak banyak perubahan dibanding model generasi pendahulunya, namun ketiga skutik tersebut memiliki beberapa penyegaran, salah satunya fitur Keyless.

Untuk menjawab penasaran menguak penampilan dan performa dari Vespa GTS series, tim bakabar.com mendapatkan kesempatan menjajal secara singkat GTS Super Sport 150 melintasi kawasan sekitaran Stasiun Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta pada Selasa (13/6).

Mengawali kencan singkat dengan GTS Super Sport 150, kami memilih Super Sport dengan balutan warna Orange Tramonto. Selain warna tersebut, varian ini juga memiliki dua pilihan warna lainnya yaitu White Innocenza dan Black Opaco.

Baca Juga: Piaggio Rilis New Vespa GTS Series, 3 Varian Dijual Mulai Rp78 Jutaan

Spatbor Vespa GTS Supersport 150. Foto: bakabar.com
Spatbor Vespa GTS Supersport 150. Foto: bakabar.com

Perpaduan warna pada beberapa sisi yang memikat perhatian adalah dasi depan yang dilapisi carbon serta garis orange di spatbor dan buritan bodi samping.

Sementara untuk desain jok memiliki aksen warna hitam yang menonjol dipadukan motif horizontal yang didapat dengan teknik heat-seal dan jahitan ganda oranye neon yang kontras.

Bergeser ke bagian kaki-kaki, skutik bongsor ini menyajikan velg berwarna abu-abu dengan grafis khusus dan berbagai detail hitam, mulai dari profil yang melingkari bodi.

Vespa GTS Super Sport 150 memiliki dimensi panjang 1.980 mm (sebelumnya 1.950 mm), lebar 795 mm. Untuk jarak sumbu roda 1.380 mm (sebelumnya 1.375 mm).

Velg Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com
Velg Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com

Baca Juga: Perbedaan Vespa GTS Supertech Baru dengan yang Lama, Kini Ada Keyless

Dengan dimensi yang tidak jauh berbeda dari generasi lawasnya, postur pengendara yang memiliki tinggi badan 170cm masih cukup mudah berpijak dan mengendalikan stang kemudi saat berkendara.

Hal itu ditunjang dengan jok bagian depan yang sedikit 'slim' dan bus jok yang lembut serta 'membal' sehingga dapat dengan mudah menapak ke jalan termasuk saat GTS Super Sport dalam keadaan berhenti.

Berkat bodi yang besar dan lebar serta berbahan baja, memberikan stabilitas lebih di jalan dan semakin menambah kepercayaan diri ketika berkendara.

Ketika melakukan pengereman (handling), Vespa GTS 150 ini terasa stabil meski ketika diajak berakselerasi dengan kecepatan tinggi dan jalanan lancar.

Jok Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com
Jok Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com

Baca Juga: Piaggio Indonesia Hadirkan Vespa dengan Warna Baru, Ayo Dipilih!

Sedangkan saat bertemu dengan jalanan macet, kemudinya tetap mudah dikendalikan, termasuk dengan respons mesin ketika dipaksa “stop and go”.

Sementara dari sisi suspensi terasa agak berbeda, skutik yang dibanderol seharga Rp 84,55 juta ini tetap menyuguhkan kenyamanan ketika melibas jalanan yang tidak rata atau speed trap.

Meski berat motor mencapai 150 kg, bantingan suspensinya tetap memberikan stabilitas yang lebih di kecepatan tinggi berkat fitur bernama Anti-Dive System.

"Terdapat fitur Anti-Dive System untuk menjaga suspensi depan motor, agar tidak amblas ketika melakukan pengereman yang kuat, dan juga mendapat kestabilan berkendara yang lebih baik," ucap Public Relation & Communication Manager PT PID, Ayu Hapsari disela test ride Vespa GTS di Jakarta, Selasa (13/6).

Baca Juga: Skutik Listrik 'Nyontek' Vespa, Bos Piaggio: Kami Punya Karakter Sendiri

Sistem Anti-Dive sendiri berada pada suspensi depan, berbentuk lempengan besi yang tersambung dari fork ke lengan ayun sebagai dudukan suspensi depan.

Sistem ini akan menjaga suspensi depan motor tidak naik-turun ketika melakukan pengereman mendadak sehingga memberikan kestabilan dan kenyamanan.

Menjajal Vespa GTS terbaru di Jakarta. Foto: dok. PID
Menjajal Vespa GTS terbaru di Jakarta. Foto: dok. PID

Selain sistem Anti-Dive, fitur baru yang tersemat pada Vespa GTS adalah sistem keyless yang juga diterapkan pertama kali untuk model Vespa yang dipasarkan di Indonesia.

Keyless berfungsi sebagai pengganti kunci untuk menyalakan mesin dengan jarak maksimal 1,5 meter. Lalu dapat digunakan juga untuk mencari posisi motor (bike finder) serta untuk membuka jok dari jarak kurang dari 50 meter.

Baca Juga: Vespa Club Indonesia Siap Tampil pada Rally Audax 300km di Italia

Fitur lain pada motor buatan Vietnam ini adalah ASR atau Anti Slip Regulation (ASR).

Fitur ini merupakan sistem kontrol traksi yang berfungsi menjaga kecepatan roda depan dan belakang tetap sama untuk menghindari terjadinya selip.

Test Ride VEspa GTS - bakabar.com
Test Ride Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com/DF

ASR fungsinya untuk membandingkan kecepatan roda depan dengan roda belakang, sehingga nanti (kecepatan) keduar roda akan sama.

Fitur ini akan meminta ECU (Electronic Control Unit) ke mesin untuk menurunkan power-nya agar dapat mengurangi selip.

Saat fitur ASR diaktifkan, akan memengaruhi output tenaga dari mesin di mana performa akan lebih agresif dan garang. Tapi jika tidak diaktifkan akan normal seperti biasa, jadi agak sedikit turun power-nya.

Vespa GTS Super Sport juga sudah membenamkan panel kombinasi LCD dan analog baru untuk mengetahui jarak tempuh, bensin yang digunakan dan lain lain.

LCD analog Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com
LCD analog Vespa GTS Super Sport 150. Foto: bakabar.com

Baca Juga: Vespa Primavera Color Vibe Edisi Terbatas Hadir dengan 2 Warna Senja

Untuk mengatur LCD dan analog, bisa dilakukan pada tuas yang berada di atas saklar sein di stang kiri Vespa GTS. Stop lamp juga memiliki desain baru dan itu membuat buritan Vespa GTS 150 semakin elegan.

Sementara, untuk memudahkan pengendara ada tombol membuka jok yang berada di sisi kanan stang motor. Serta terdapat fitur lain yakni adanya USB port dan konektivitas smartphone Vespa MIA.

Pembaruan juga dilakukan pada desain spion yang dibuat tidak terlalu membulat seperti keluaran kawas dan sedikit meruncing membuat fungsi melihat semakin baik, sehingga Anda bisa dengan mudah melakukan pengaturan spion.

Mengenai dapur pacu, baik Vespa GTS 150 Classic maupun Super Sport menggunakan mesin iGet berkapasitas 155 cc, 1 silinder, 4 katup dengan tenaga yang dihasilkan 11,5 kW di 8.250 rpm dan torsi 15 Nm pada 6.500 rpm.

Vespa GTS Super Sport 150: Foto: bakabar.com
Vespa GTS Super Sport 150: Foto: bakabar.com

Baca Juga: Vespa Batik Hasil Kolabs dengan Iwan Tirta Punya Pola 'Tambal Jagad'

Tenaga yang dihasilkan sedikit naik dari GTS generasi sebelumnya yang hanya mencapai 10,8 kW dan torsi maksimum 13,5 Nm yang diraih pada 6.750 rpm. Fuel System diperbarui dengan sematan New Electronic Injection.

Dari peningkatan tenaga tersebut membuat performa berkendara semakin mudah yang memang hadir untuk konsumen berjiwa berani dan aktif.

Selain itu, Vespa GTS yang hadir dengan desain kombinasi warna metalik cerah dan elegan, bisa memberikan pengalaman berkendara luar biasa bagi mereka yang menghargai desain mutakhir, mesin canggih, dan teknologi terbaru.

Editor
Komentar
Banner
Banner