Make Up

Make Up Menggumpal? Ini 5 Sebabnya

Make up menggumpal atau pilling pasti tak nyaman. Ketahui sebabnya supaya bisa mengatasinya.

Featured-Image
Alasan Make Up Piling dan Cara Mengatasinya. Foto: dok. Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Make up menggumpal atau pilling pasti tak nyaman. Ketahui sebabnya supaya bisa mengatasinya. 

Make up pilling atau menggumpal bisa membuat frustrasi karena menampilkan hasil yang tidak sempurna. Banyak faktor yang membuat make up jadi menggumpal dan terlihat buruk.

Seperti dilansir Byrdie, berikut alasan make up menjadi pilling:

1. Wajah yang Tidak Bersih

Menghilangkan sel kulit mati pada wajah sangat membantu membuat hasil make up menjadi lebih baik, residu yang menumpuk akan mengganggu dan menyebabkan make up menggumpal.

Memulainya dengan mencuci wajah dengan bersih dan menggunakan bahan yang lembut akan membuat kulit lebih siap menerima make up.

Baca Juga: Kuas Make Up Kotor Mengandung Residu dan Bakteri, Ayo Bersihkan

Selain itu Sofia Tilbury, seorang make up artis asal London, menyarankan untuk melakukan eksfoliasi sekali dalam seminggu dengan bahan yang tidak membuat kulit iritasi, dan menggunakan essence atau toner untuk menjaga kulit terasa segar ahlus dan siap untuk melakukan make up.

2. Skincare yang Tidak Menyerap Sempurna

Skincare Tidak Menyerap Alasan Make Up Pilling. Foto: thelist/Shutterstock
Skincare Tidak Menyerap Alasan Make Up Pilling. Foto: thelist/Shutterstock

Menurut Make up artist, Dillon Pena, ketika skincare tidak menyerap di kulit sepenuhnya, make up akan cenderung menumpuk di kulit, menciptakan residu yang menempel dan menggumpal menjadi butiral kecil.

Hal ini juga berlaku pada pemakaian sunscreen sebelum make up. "Beberapa SPF membutuhkan waktu untuk mengering, biarkan hingga tidak terlalu basah untuk mengurangi kemungkinan pilling tersebut," kata Tilbury.

Pastikan untuk memberikan waktu beberapa menit untuk skincare menyerap sempurna ke dalam kulit, kemudian dapat mulai pengaplikasian base atau complexion untuk mulai make up.

3. Urutan Skincare yang Tidak Benar

Skincare dengan konsistensi seperti air yang menyerap ke kulit dengan cepat harus dilakukan terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan pelembab atau skincare lain yang berbahan dasar minyak yang lebih sulit menyerap.

Menggunakan kandungan skincare seperti silikon juga mempengaruhi hasil make up, karena kandungan ini dapat mencegah kulit menyerap kelembaban dan menyebabkan pilling.

Baca Juga: Ingin Make Up Tahan Lama? Ini Cara yang Dilakukan MUA Profesional

Cara menghindari produk mengandung silikon biasanya melihat pada bahan yang terkandung di dalamnya, biasanya silikon diakhiri dengan '-cone', '-siloxane' atau '-methicone'.

4. Terlalu Banyak Memakai Skincare

Menumpuk terlalu banyak skincara akan meningkatkan kemungkinan piling, serta membuatnya tidak dapat meresap sepenuhnya ke dalam kulit.

Untuk menghindari hal tersebut, Pena menyarankan untuk membatasi penggunaan serum dengan tekstur kental yang mengandung peptides. Dan menggunakan pelembab dengan SPF.

5. Menggunakan Produk yang Tidak Bagus

Alasan lain make up pilling adalah menggunakan produk yang tidak bagus. Menurut Ranella Hirsch, seorang dermatologis, melakukan layering sembarangan akan membuat beberapa kandungan di dalamnya tidak menyatu dengan baik di kulit.

"Banyak produk yang tidak bagus membuat kulit tidak menempel dengan baik pada make up dan menghasilkan gumpalan disekitar wajah," ungkap Hirsch.

Menggunakan bahan yang ringan akan mempermudah dalam penggunaan make up. Water-based foundation akan lebih berhasil jika digabung dengan water-based primer, dan silicone-based foundation akan bagus digabung dengan silicone-based primer.

Ia juga menambahkan untuk setia menggunakan satu brand untuk meminimalisir make up menggumpal, dan mengurangi rasa bingung ketika memilih make up atau skincare.

Cara Mengatasi Make Up Pilling

"Hal terbaik yang bisa dilakukan adalah menghapus make up yang menggumpal tersebut secara perlahan, menggunakan concealer secara tipis dan menepuknya dengan ringan," ujar Sofia Tilbury.

Namun Ranella Hirsch, memilih untuk menghapus make up tersebut dan melakukannya lagi untuk mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Editor


Komentar
Banner
Banner