liga 1

Hajar Persebaya 3-0, Madura United Hapus Kutukan di Derbi Suramadu

Madura United sukses menjadi penguasa derbi Suramadu usai menaklukan Persebaya Surabaya 3-0 saat bertemu pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024.

Featured-Image
Madura United sukses mengalahkan Persebaya Surabaya 3-0 pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024, Minggu (17/9). (foto: maduraunited.fc)

bakabar.com, JAKARTA -Madura United sukses menjadi penguasa derbi Suramadu usai menaklukan Persebaya Surabaya 3-0 saat bertemu pada laga lanjutan Liga 1 2023/2024.

Bertanding di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu (17/9) sore, tim berjuluk Sape Kerrab itu berhasil meraih kemenangan berkat gol yang dicetak oleh Hugo 'Jaja' Gomes (4') dan Lulinha (48'). 

Kemenangan ini sekaligus memutus kutukan tak pernah menang Madura United atas Persebaya dalam 8 laga sebelumnya selama periode 2018 hingga musim 2022-2023. 

Baca Juga: Hadapi Persebaya, Madura United Siap Hapus Kutukan di Derbi Suramadu

Di pertandingan itu, Madura United memang tampil sangat baik sejak awal permainan.

Sapeh Kerrab mampu mendominasi jalannya pertandingan. Bahkan, tekanan itu membuat Persebaya melakukan Kesalahan yang membuat Madura United mendapatkan penalti saat laga baru berjalan dua menit.

Francisco Rivera dijatuhkan di kotak penalti oleh Dusan Stevanovic. Jaja yang menjadi eksekutor berhasil melaksanakan tugas dengan baik. Skor 1-0 untuk Madura United.

Usai gol tersebut, Madura United kembali menciptakan peluang dari sisi kiri pertahanan Persebaya. Namun umpan silang Koko Ari masih mampu dihalau bek lawan, Kadek Raditya.

Menit 19, Madura United kembali mendapatkan kesempatan untuk mencetak gol. Bermula dari kesalahan Song Ui-young, bola kemudian dicuri Rivera yang memberikan umpan ke Brandao. Tapi tendangan Brandao masih bisa diamankan kiper Bajul Ijo, Andhika Ramadhani.

Baca Juga: Klasemen Liga 1: Barito Putera Buntuti Madura United di Puncak

Tak berselang lama, Paulo Victor mengancam di dalam kotak penalti. Namun tendangannya masih bisa diblok Cleberson dan hanya menjadi tendangan pojok.

Sedangkan Persebaya tak tinggal diam dan mencoba membangun serangan. Mereka pun mendapatkan peluang dari tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Madura United. Namun tendangan Song masih melambung dari gawang Wawan Hendrawan.

Menit 30, Madura United mendapatkan peluang emas. Yuda Pratama mengirimkan umpan ke Rivera ke kotak penalti. Tapi tendangan Rivera masih bisa diamankan Andhika.

Sayang, Andhika harus ditarik keluar usai menyelamatkan bola. Aditya Arya kemudian masuk menggantikan Andhika pada menit 33. Skor 1-0 menutup babak pertama Madura United vs Persebaya.

Baca Juga: Permalukan Persita di Kandang, Madura United Kokoh di Puncak Klasemen

Di babak kedua, Persebaya sebenarnya langsung menekan pertahanan Madura United di awal pertandingan.

Bahkan saat pertandingan baru berjalan satu menit, Paulo Victor hampir memperkecil kedudukan jika sundulannya tak melenceng tipis di samping gawang Madura United.

Tak berselang lama, pasukan anak asuh Maurício Souza justru menggandakan keunggulan di menit 48. 

Tendangan keras kaki kanan yang dilesatkan Lulinha dari luar kotak penalti melaju mulus ke pojok kiri atas dari gawang Persebaya. Skor pun berubah menjadi 2-0.

Gol tersebut membuat Persebaya panas. Mereka mencoba mengejar ketertinggalan dan beberapa kali menciptakan peluang.

Baca Juga: Sengit! Duel PSS Vs Persebaya Tuntas Tanpa Pemenang

Apalagi, pelatih barunya Josep Gombau ingin mencatatkan debut manis menangani Persebaya. Sayang, harapan itu tak berhasil karena serangan timnya masih tertahan di lini pertahanan Madura United.

Bahkan, tim tuan rumah justru kembali memperbesar keunggulannya di menit 83 setelah Junior Brandao berhasil menciptakan gol indah dengan tendangan voli usai mendapatkan umpan dari Dodi Alekvan Djin.

Gol itu sekaligus menjadi yang ketujuh bagi penyerang asal Brasil tersebut di Liga 1 musim ini. 

Hingga pertandingan berakhir, Persebaya tak kunjung mendapatkan gol hingga Madura United keluar sebagai pemenang dengan skor 3-0 di pertandingan tersebut.

Baca Juga: Aji Santoso Akhirnya Buka Suara Berpisah dengan Persebaya Surabaya

Dengan hasil itu, Madura United semakin kokoh di puncak klasemen sementara Liga 1 musim ini dengan 26 poin.

Sedangkan Persebaya yang sebenarnya sedang berada dalam performa baik harus puas tetap di peringkat 8 dengan 18 poin. 

Editor


Komentar
Banner
Banner