Lintasan Uji Tes

Lintasan Uji Tes SIM Letter S, Polisi: Lulus Capai 80 Orang, Gagal 4

Metode Letter S telah diterapkan pihak Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat. 

Featured-Image
Lintasan uji tes Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan metode Letter S telah diterapkan pihak Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat, Senin 7 Agustus 2023. Foto : Apahabar.com (Andrew Tito)

bakabar.com, JAKARTA - Lintasan uji tes  Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan metode Letter S telah diterapkan pihak Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat. 

Bintara Admnistrasi (Bamin) Praktik Satpas SIM Daan Mogot, Aiptu Adi Wiguna mengatakan dari 20 peserta yang menjalani tes praktik, hanya sebagian kecil yang gagal meski lintasan kini tak serumit dahulu.

"Dengan ujian praktik yang baru ini malah lebih bagus, lebih baik. Kira-kira yang lulus antara 80 lebih, yang nggak lulus antara 4 orang," ujar Adi Wiguna dalam keterangannya di Satpas SIM Daan Mogot Jakarta Barat, Selasa (8/8). 

Adi mengatakan pemohon yang gagal uji praktik SIM karena beberapa hal yakni menurunkan kaki di lintasan putar balik (U-turn).

Baca Juga: Perdana! Uji Praktik SIM Bentuk S Diterapkan di Bekasi

"Ya mungkin antara turun kaki pada saat di U-turn, mungkin kena patok," ujarnya.

Adi menjelaskan dengan perlintasan tes uji SIM dengan metode Letter S ini mayoritas peserta yang mendaftar lulus pada ujian praktik pembuatan SIM.

Jumlah pemohon SIM lulus ujian praktik lebih tinggi karena lintasan baru tersebut terbilang sangat mudah.

"Dengan perubahan ujian praktek yang baru ini, yang kemarin itu kan ada ujian angka 8, kemudian zigzag itu lebih susah," ujarnya.

Baca Juga: Polri 'Mudahkan' Proses SIM, Pengamat: Keren, Tapi Edukasi Mesti Kuat

Adi menjelaskan hari ini terdapat 350 peserta yang mengikuti uji praktik SIM, yang 98 persennya lulus ujian praktik.

"Ujian praktik yang daftar pada hari ini kira-kira 350 orang, yang gagal 4 orang. Jadi total yang lulus hari ini 346," ujarnya. 

Adi mengatakan untuk empat tahapan yang diujikan, yakni uji rem keseimbangan hingga reaksi menghindar. 

"Yang pertama adalah rem keseimbangan, kemudian U-turn memutar balik, kemudian membentuk huruf S, terakhir reaksi menghindar, Kecepatannya untuk uji praktik yang pertama, uji rem keseimbangan itu minimal 30 km per jam. Kemudian yang U-turn nggak pakai kecepatan, di huruf S nggak pakai kecepatan," tambahnya.

Baca Juga: Lintasan Anyar Ujian Praktik SIM Motor Berlaku, Jadi Lebih Mudah?

Adi mengatakan tes uji SIM Metode Letter S dianggap telah memenuhi unsur keamanan di jalan raya.

Sementara untuk para peserta yang gagal pada ujian praktik SIM nantinya bisa mengikuti ujian kembali pada hari yang sama.

Namun, jika gagal lagi, dapat mengikuti latihan yang disediakan oleh Satpas SIM di akhir pekan. 

"Yang tidak lulus diberi kesempatan mengulang pada hari yang sama. Umpama hari ini gagal, diberi kesempatan mengulang sekali lagi. Tapi kalau memang dia nggak bisa lagi, nggak lulus, diberi kesempatan untuk berlatih hari Minggu, atau berlatih hari Sabtu," ujarnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner