fuso ecanter

KTB Pastikan Peluncuran Truk Listrik Fuso eCanter Sesuai Rencana

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia bersiap meluncurkan truk listrik eCanter pada 2024.

Featured-Image
Truk listrik Mitsubishi Fuso eCanter akhirnya bakal diuji coba pertama kalinya kepada konsumen di Bali pada Agustus 2022 mendatang. (Foto: dok. KTB)

bakabar.com, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor kendaraan niaga Mitsubishi Fuso di Indonesia bersiap meluncurkan truk listrik Fuso eCanter pada 2024.

Menurut Executive Vice President of Sales & Marketing Division KTB, Aji Jaya, peluncuran truk listrik eCanter masih on the track untuk persiapan (perkenalan eCanter).

"Sejauh ini masih sesuai rencana untuk persiapan (memperkenalan eCanter) itu. Jadi kalau biasa di mobil kan sebelum peluncuran, banyak hal-hal yang perlu disiapkan misalnya after sales (purnajual), paralel dengan infrastruktur," ungkapnya saat ditemui di Jakarta, Rabu (8/11).

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Buka Fasilitas Perbaikan Kabin dan Sasis di Tangerang

Aji menambahkan, KTB selaku distributor truk melihat untuk kesiapan infrastruktur, serta supporting dari pemerintah terkait dengan mobil atau kendaraan listrik.

"Dan sejauh ini kita masih intens berkomunikasi dengan prinsipal," ujarnya.

Aji menyebut bahwa pihaknya juga telah melakukan uji coba Proof of Concept (PoC) menggunakan eCanter tipe 1.1 dengan beberapa perusahaan untuk memastikan truk listrik itu layak digunakan di Indonesia.

Adapun sejumlah perusahaan di Tanah Air yang telah mencoba eCanter secara langsung, menurut Aji, di antaranya Nestle, BLog, Pos Indonesia, hingga GoTo.

"Truk listrik (eCanter) itu sudah kita uji coba di beberapa pelanggan besar kita. Ada yang sudah mencapai 10 ribu kilometer, pasti kita akan tanya bagaimana performanya,” kata Aji.

Baca Juga: Mitsubishi Fuso Rilis Canter Edisi Spesial HUT ke-60 di GIIAS 2023

Spesifikasi singkat Fuso eCanter

Sebagai informasi, generasi terbaru dari Mitsubishi Fuso eCanter sudah dikenalkan dalam berbagai pameran otomotif di Indonesia.

Yang terbaru truk ramah lingkungan itu melantai di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 Agustus lalu, setelah diluncurkan di Jepang pada September 2022.

Truk yang menggunakan daya baterai sepenuhnya itu bukan hanya bebas emisi, melainkan juga memiliki daya jelajah yang terbilang cukup jauh.

Ditambah dengan akselerasi yang bertenaga, mudah dioperasikan, dan cocok untuk sektor logistik di area perkotaan, serta, distribusi lokal.

Baca Juga: Fuso Gathering 2023: Cara KTB Jalin Keakraban dengan Para Sopir Truk

Kendaraan komersial ini hadir dengan eAxle, teknologi canggih yang hadir dengan driveline ringkas tanpa propeller shaft. 

Beberapa keunggulan eAxle adalah biaya perawatan yang lebih rendah, mudah diservis, halus, gesit, dan akselerasi yang mulus.

Next Generation eCanter ini memiliki tiga pilihan ukuran baterai yang akan menyesuaikan dengan kebutuhan dari konsumen, yaitu ukuran S, M dan L yang menghasilkan tenaga dan jangkauan jarak berbeda dalam sekali pengisian.

Sebagai gambaran, baterai eCanter ukuran M, mampu menempuh jarak berkendara 120-150 kilometer.

Pergantian Jajaran Manajeman KTB

Selain memberikan informasi tentang peluncuran Fuso eCanter, KTB turut mengumumkan pergantian jajaran manajemennya di Indonesia.

Adapun posisi Executive Vice President of Sales & Marketing Division KTB kini diisi oleh Aji jaya menggantikan Duljatmono yang sebelumnya sebagai Sales & Marketing Director KTB, per 1 Desember 2023 memasuki masa purnabakti.

Baca Juga: Perkuat Purna Jual, Mitsubishi Fuso Buka Bengkel Siaga 24 Jam di Sidoarjo

Dalam sambutannya, Duljatmono yang akrab disapa Momon itu mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya selama ini yang membuat KTB terus menjadi market leader di segmen kendaraan niaga.

"Setiap orang ada kesempatan bertemu, kesempatan berpisah, dan berkesempatan pensiun. Semoga kerjasama kita masih akan terus berlanjut, baik dengan saya atau dengan Pak Aji," pungkasnya.

Sementara itu, terpilihnya Aji Jaya juga bukan tanpa alasan. Tercatat Aji Jaya telah merasakan manis dan pahitnya menjaga market Fuso untuk tetap menjadi market leader.

"Senang rasanya saya bisa berada di sini bersama rekan-rekan semuanya. Saya memulai karir saya bersama PT KTB sejak 1994, sejak masuk PT KTB saya sudah masuk dalam tim marketing. Semoga kita bisa berkerjasama ke depannya," ujarnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner