Skandal Suap Pejabat

KPK Klaim Tak Tebang Pilih Usut Kasus Wamenkumham

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku heran dengan tudingan sejumlah pihak yang meragukan kinerja KPK dalam mengusut kasus yang menjerat Wamenkumham

Featured-Image
Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat ditemui wartawan di Gedung Merah Putih KPK. Foto: apahabar.com/Ariyan Rastya

bakabar.com, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku heran dengan tudingan sejumlah pihak yang meragukan kinerja KPK dalam mengusut kasus yang menjerat Wamenkumham, Edward Omar Sharif.

Sebab KPK mengeklaim akan menindaklanjuti kasus dugaan korupsi yang menjerat penyelenggara negara, terutama dari laporan masyarakat.

“Kami heran masih banyak yang mempermasalahkan kasus tersebut. Kami sampaikan bahwa segala bentuk pengaduan masyarakat akan kami tindaklanjuti,” ujar Ali di Gedung Merah Putih KPK, Senin (27/3).

Baca Juga: IPW Minta KPK Tak Pandang Bulu Usut Gratifikasi Wamenkumham

Ia pun menegaskan bahwa seluruh laporan yang diterima oleh KPK akan ditindaklanjuti. Namun dalam prosesnya, memang KPK memerlukan sejumlah petunjuk, barang bukti, hingga keterangan untuk melengkapi konstruksi perkara.

“Kami bekerja cepat, malah jadi masalah dan juga dicurigai. Intinya, semua laporan akan kita tindaklanjuti dan itu pasti,” ungkapnya.

Baca Juga: Wamenkumham Kantongi Harta Puluhan Miliar, Ngutang Rp5 Miliar

Bahkan pelapor juga dapat mengawal laporan yang dilayangkan ke KPK. “Jadi ketika ada pelapor merasa bahwa laporannya perkembangannya seperti apa, bisa langsung ditanyakan ke pengaduan masyarakat, boleh silakan,” paparnya.

Untuk itu ia merasa heran jika masih ada pihak yang meragukan hingga menyerang KPK seolah jalan di tempat dalam mengusut kasus Wamenkumham.

“Jadi kami heran, maunya apa? Toh tetep kita tindaklanjuti kok laporan itu. Kalau mau mendukung arah pemberantasan korupsi, dukunglah upaya-upaya yang sedang dilakukan KPK. Segala bentuk kritikan itu ya harus, tapi tetep rasional lah,” pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner