12 Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat

Kenali 12 Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik untuk Kesehatan

Karbohidrat sering diskip dari banyak diet. Tapi ternyata ada makanan dengan karbohidrat tinggi yang boleh dipertimbangkan.

Featured-Image
12 Jenis Makanan Tinggi Karbohidrat yang Baik Untuk Kesehatan. Foto: dok. english.jagran

bakabar.com, JAKARTA - Karbohidrat sering diskip dari banyak diet. Tapi ternyata ada makanan dengan karbohidrat tinggi yang boleh dipertimbangkan.

Selama bertahun-tahun, karbohidrat sering dikaitkan dengan hal-hal yang buruk, misalnya dengan penambahan berat badan, diabetes tipe 2 dan berbagai kondisi kesehatan lainnya.

Makanan olahan yang tinggi gula serta biji-bijian biasanya memiliki vitamin dan mineral yang sedikit. Namun jika mengonsumsi dengan batas wajar dan tidak berlebih, karbohidrat justru memberikan pengaruh baik bagi tubuh, seperti memiliki nutrisi dan serat.

Meskipun diet rendah karbohidrat memiliki banyak manfaat, namun tidak ada salahnya untuk mencoba makanan yang tinggi akan karbohidrat.

Dilansir Healthline, berikut adalah 12 jenis makanan tinggi karbohidrat yang sangat sehat.

1. Quinoa

Quinoa. Foto: dok. Pinterest
Quinoa. Foto: dok. Pinterest

Quinoa adalah jenis biji-bijian yang berasal dari tanaman bernama latin Chenopodium quinoa. Diklasifikasikan sebagai pseudocereal, atau hanya dikonsumsi sebagai biji-bijian saja. Memiliki banyak jenis, namun di Indonesia banyak ditemukan jenis putih dan merah.

Baca Juga: Mengenal Diet Karbo dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Quinoa yang sudah diolah mengandung 70% atau setara dengan 39.4 gram karbohidrat, menjadikannya makanan tinggi karbohidrat. Namun dalam Quinoa juga mengandung sumber protein dan serat yang baik bagi tubuh.

Biji-bijian ini juga mengandung banyak mineral termasuk magnesium, fosfor dan potasium. Selain itu tidak mengandung gluten dan menjadikannya alternatif populer untuk gandum, serta sangat mengenyangkan karena memiliki serat dan protein yang tinggi.

Menurut Institut Kesehatan National Amerika, Quinoa memiliki manfaat bagi kesehatan, termasuk menyehatkan gula darah, dan kesehatan jantung.

2. Oats

Oats. Foto: dok. freepik
Oats. Foto: dok. freepik

Mungkin sudah banyak yang mengenal jenis makanan satu ini, biji-bijian utuh yang sangat sehat dan sumber banyak vitamin, mineral dan antioksidan. Serta oat merupakan sumber protein yang tinggi dibanding kebanyakan biji-bijian.

Oat mentah mengandung 70% karbohidrat, dalam 81 gram oat mengandung sebanyak 54 gram karbohidrat dan 8 gram serat.

Menurut penelitian Institut Kesehatan National Amerika, makan oat dapat mengurangi penyakit jantung, menurunkan kolestrol, menurunkan kadar gula darah, terutama pada penderita diabetes tipe 2. Selain itu gandum dalam oats sangat mengenyangkan, dapat membantu menjaga berat badan menjadi sehat.

3. Buckwheat

buckwheat. foto: dok. Medical News Today
buckwheat. foto: dok. Medical News Today

Buckwheat merupakan biji tanaman yang menjadi bahan baku untuk pembuatan soba, memiliki nama latin Fagopyrum esculentum.

Sama seperti quinoa, tepung ini dianggap sebagai pseudocereal. Buckwheat ini tidak mengandung gluten, dan dalam satu porsi buckwheat yang dimasak mengandung sekitar 19,9 gram karbohidrat.

Buckwheat sendiri mengandung protein, serat, mineral, dan antioksidan daripada biji-biian lainnya. Dan memiliki manfaat untuk kesehatan jantung dan kadar gula darah.

Baca Juga: Yuk Terapkan Gaya Hidup dan Diet Sehat untuk Panjang Umur

4. Pisang

Bunch Of Banana Fruits
Bunch Of Banana Fruits (Pexels.com/Dom J)

Dalam satu pisang besar mengandung sekitar 31 gram karbohidrat. Diketahui, pisang juga tingi akan potasium, vitamin B dan C.

Berkat kandungan potasiumnya, pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Pisang yang masih hijau diketahui memiliki pati yang tinggi, yang mendukung kesehatan pencernaan dan baik untuk bakteri baik dalam tubuh.

5. Ubi

Slice Sweet Potato
Slice Sweet Potato (Pexels.com/Ela Haney)

Satu setengah cangkir (100 gram) ubi jalar yang dihaluskan dan dimasak dengan kulitnya mengandung sekitar 20,7 gram karbohidrat, yang terdiri dari pati, gula dan serat.

Selain rasanya yang lezat, ubi jalar juga kaya akan vitamin A, vitamin C, dan potasium. Serta memiliki antioksidan yang tinggi, yang membantu menetralkan radikan bebas berbahaya pada sel tubuh.

6. Buah Bit

Close Up Photo Of Beets
Close Up Photo Of Beets (Pexels.com/Chris F)

Buah bit adalah jenis sayuran yang memiliki akar berwarna ungu, terkadang sering disebut bit. Bit mentah dan matang mengandung sekitar 10 gram karbohidrat per 100 garm, terutama dari gula dan serat.

Menuurut penelitian Institut Kesehatan National Amerika, buah bit diketahui kaya akan vitamin, mineral serta antioksidan. Yang memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah, menguatkan fisik bagi para atlet, serta memungkinkan aliran oksifen lebih efisien selama berolahraga.

7. Jeruk

Ilustrasi gambar jeruk. Foto: dok. astronauts
Ilustrasi gambar jeruk. Foto: dok. astronauts

Baca Juga: Miliki Tubuh Proporsional, Intip Pola Diet dan Olahraga Jennie BLACKPINK

Dilansir Healthline, selain kaya akan serat, jeruk juga memiliki karbohidrat yang tinggi untuk tubuh. Dalam satu buah jeruk mengandung air dan 15,5 gram karbohidrat.

Jeruk juga kaya akan vitamin C, potasium dan bitamin B, serta antioksidan yang kuat untuk tubuh. Selain itu jeruk dapat meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal, serta membantu melindungi dari anemia.

8. Blueberry

Blueberry. Foto: dok. google
Blueberry. Foto: dok. google

Buah kaya akan antioksidan ini terdiri dari air, serta 14,5 gram karbohidrat per 100 gramnya.

Selain itu, blueberry juga mengandung banyak vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, termasuk Vitamin C dan Vitamin K. Serta kaya akan antioksidan yang membantu tubuh dari radikal bebas, serta dapat meningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

9. Jeruk Bali

Ripe Sliced Grapefruit Placed On Blue Surface
Ripe Sliced Grapefruit Placed On Blue Surface (Pexels.com/Laker)

Jeruk bali (grapefruit) memiliki cita rasa yang manis, asam, dan pahit. Buah ini mengandung sekitar 8% karbohidrat, serta berbagai vitamin, mineral dan antioksidan bagi tubuh.

Grapefruit dapat meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol gula darah dalam tubu, serta beberapa senyawa tertentu dipercaya dapat mencegah batu ginjal, menurukan kadar kolestrol dan memperlambat sel kanker.

10. Apel

A Close Up Shot Of An Apple
A Close Up Shot Of An Apple (Pexels.com/Anna Nekrashevich)

Apel terkenal dengan rasa yang manis, asam, dan teksturnya yang renyah. Tersedia dalam berbagai warna, ukuran dan rasa. Pada umumnya, apel mengandung 14-16 gram karbohidrat per 100 gram.

Apel adalah sumber Vitamin C, antioksidan dan serat yang baik. Serta mengontrol gula darah, dan kesehatan jantung.

11. Kacang Merah

Kidney beans atau Kacang merah. Foto: dok. dadcooksdinner
Kidney beans atau Kacang merah. Foto: dok. dadcooksdinner

Kacang merah adalah sumber dari vitamin, mineral dan memiliki senyawa antioksidan, Dan memiliki manfaat kesehatan seperti peningkatan regulasi gula darah dan pengurangan risiko kanker usus besar.

Kacang merah yang sudah dimasak mengandung sekitar 21,5 gram karbohidrat per 100 gramnya, dalam bentuk pati dan serat.

12. Kacang Garbanzo (Chickpeas)

chickpeas. Foto: dok. healthline
chickpeas. Foto: dok. healthline

Chickpeas, kacang garbanzo dan kacang arab, merupakan kacang yang berasal dari Mediterania. Memiliki bentuk yang bulat dengan ujung yang runcing, berwarna kuning keruh, dan hijau.

Chickpeas yang dimasak mengandung 27,4 gram karbohidrat per porsi 100 gram. Kacang ini merupakan sumber protein nabati yang baik. Dan mengandung banyak vitamin, mineral, zat besi, fosfor dan Vitamin B.

Kacang ini memiliki banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kesehatan jantung dan pencernaan, melindungi dari kanker dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa jenis makanan dengan karbohidrat tinggi yang baik untuk tubuh, tidak ada salahnya untuk mencoba sesekali untuk mengeksplor rasa. Beberapa kandungan yang disebutkan memiliki manfaat yang baik untuk tubuh dan kesehatan.

Editor


Komentar
Banner
Banner