Kebakaran TPA Rawa Kucing

Kebakaran TPA Rawa Kucing, Kementerian LHK Turunkan Tim Manggala Agni

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menurunkan pasukan Manggala Agni untuk menangani kebakaran di TPA Rawa Kucing di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang,

Featured-Image
Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah bersama tim dari KLHK meninjau penanganan kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing. Foto: Antara

bakabar.com, JAKARTA - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menurunkan pasukan Manggala Agni untuk menangani kebakaran di TPA Rawa Kucing di Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

Terlebih kondisi kebakaran di TPA Rawa Kucing khususnya bagian permukaan masih berasap. Kondisi tersebut disebabkan karena bagian bawah permukaan sampah masih terdapat api.

"Semoga bantuan ini bisa mengatasi kebakaran di TPA Rawa Kucing," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah seperti dilansir Antara, Minggu (22/10).

Baca Juga: Dikepung Kepulan Asap, Pemulung TPA Rawa Kucing Tangerang Tetap Mengais Sampah

Dengan melibatkan bantuan BNPB, di hari ketiga upaya penanganan kebakaran masih dilakukan proses pendinginan di TPA Rawa Kucing.

"Kondisi di lapangan, pada waktu pagi hari area yang terbakar terpantau dalam kondisi terkendali. Masih menyisakan titik hembusan asap," terangnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan bahwa pada Minggu pagi api sudah tidak tampak di permukaan gunungan sampah di TPA Rawakucing, tetapi kepulan asap masih keluar.

"Inilah yang gencar kita taklukkan, semoga cuaca hari ini bisa mendukung," katanya.

Baca Juga: Dampak Kebakaran TPA Rawa Kucing, Penyakit ISPA Menghantui Warga Sekitar

Baca Juga: Kebakaran TPA Rawa Kucing Belum Padam, Ratusan Warga Tinggal di Pengungsian

Dia menjelaskan bahwa total ada 534 personel dari BPBD dan organisasi perangkat daerah lain yang dikerahkan untuk mengatasi kebakaran di TPA Rawakucing.

Selain itu, menurut dia, Dinas Pemadam Kebakaran Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Kabupaten Tangerang, dan Kota Tangerang Selatan juga membantu penanganan kebakaran di fasilitas penampungan sampah itu.

"Kendala pastinya ialah luasan area, medan atau pijakan yang mudah amblas, dan asap yang mengepul. Tapi seluruh petugas akan lakukan yang terbaik. Insya Allah untuk hari ketiga ini kita semua optimis akan ada progres penanganan yang signifikan," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner