News

Heboh Tukang Becak Bobol Tabungan BCA, Begini Kronologis-Identitas Pelaku

Seorang tukang becak membobol rekening tabungan BCA milik nasabah bernama Muin Zachry. Diketahui, jumlah uang yang diambil oleh pelaku mencapai Rp 320 juta.

Featured-Image
Ilustrasi. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN - Seorang tukang becak membobol rekening tabungan BCA milik nasabah bernama Muin Zachry. Diketahui, jumlah uang yang diambil oleh pelaku mencapai Rp 320 juta.

Lantas, bagaimana kronologi pencurian tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Awal Mula Tukang Becak Bobol Tabungan BCA

Seorang tukang becak di Surabaya bernama Setu berhasil membobol uang yang berada di tabungan BCA milik Muin Zachry.

Peristiwa itu terjadi pada Jumat, 5 Agustus 2022 di bank BCA Kantor Cabang Jalan Indrapura, Surabaya, Jawa Timur.

Dikutip detikJatim, Setu berhasil mengelabui teller bank tersebut, Maharani Istono Putri.

Saat melakukan aksinya, Setu menyamar sebagai Muin dengan membawa buku tabungan, KTP asli, tahu nomor PIN, serta memakai masker dan peci.

"Pak Setu bawa buku tabungan, tahu nomor PIN, dan KTP asli juga," kata Putri, Selasa (17/1).

Setelah itu, Putri langsung memproses penarikan uang pada tabungan Muin. Ia melakukan itu sesuai dengan prosedur di bank tersebut.

Putri menegaskan bahwa tandatangan Setu mirip dengan tanda tangan Muin. Ia memperhatikan dan melihat langsung dalam slip penarikan yang diserahkan Setu kepadanya.

"Spesimen tanda tangan, hasilnya sama (dengan tanda tangan korban)," ungkapnya.

Pelaku Lebih dari 1 Orang

Setu melakukan aksi pembobolan tersebut bersama satu pelaku lainnya. Ia adalah Mohamad Thoha, pria yang menyewa kamar kos di rumah Muin di Jalan Semarang, Surabaya.

Saat pencurian, Muin sedang salat Jumat. Usai salat Jumat, Muin terkejut melihat kamarnya sudah acak-acakan, di mana dompet dan laci menyimpan buku tabungan sudah terbuka.

Pada saat yang sama, Thoha bertemu dengan Setu, seorang tukang becak yang memiliki perawakan yang sama dengan Muin. Setu kemudian melakukan pencurian di tempat kejadian.

HALAMAN
123
Editor


Komentar
Banner
Banner