Pemerasan KPK

Firli Bahuri Mangkir Panggilan Polda Metro Jaya: Ada Acara!

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mangkir dari panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, SYL

Featured-Image
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri. Foto: apahabar.com/Dian Finka

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri mangkir dari panggilan penyidik Polda Metro Jaya terkait pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

“Mengingat pada waktu dan tanggal tersebut terdapat kegiatan yang telah teragenda sebelumnya, maka Ketua KPK belum dapat menghadiri panggilan dimaksud,” kata Wakil Ketua KPK RI, Nurul Ghufron, Jumat (20/10).

Baca Juga: Firli Bahuri Terancam Dijemput Paksa Polisi jika Tak Kooperatif!

Ghufron menyebut KPK Firli akan memenuhi panggilan polisi, namun disayangkan bahwa Firli telah terjadwal menghadiri acara lain.

Untuk itu ia meminta penjadwalan ulang terhadap pemanggilan Firli Bahuri.

“Pimpinan telah mengkonfirmasi dengan berkirim surat untuk meminta waktu penjadwalan ulang dengan tembusan Kapolri dan Menko Polhukam RI,” jelasnya.

Baca Juga: Penyidik Polda Metro Panggil Firli Bahuri Hari Ini!

Ia mengeklaim bahwa Firli yang menjabat pimpinan lembaga antirasuah akan mematuhi proses hukum.

“KPK sebagai lembaga penegak hukum tentunya juga patuh terhadap hukum,” pungkasnya.

Sebelumnya eks Penyidik KPK, Yudi Purnomo Harahap mendesak Ketua KPK Firli Bahuri agar tak mangkir dari panggilan penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Firli harus hadir dalam panggilan Pemeriksaan yang dilayangkan oleh Polda Metro Jaya," kata Yudi, Jumat (20/10).

Baca Juga: Firli Dituding Tangkap SYL Demi Bungkam Kasus Pemerasan

Sebab Firli bakal dicecar perihal kasus pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Keterangan Firli tentu penting dalam proses penyidikan yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya dalam dugaan pemerasan yang dilakukan oleh Pimpinan KPK dalam kasus terkait Menteri Pertanian, SYL," ujarnya.

Baca Juga: Mahfud MD Soal Desakan Firli Mundur: Biarkan Saja, Nanti Disikapi KPK

Yudi menerangkan bahwa Firli perlu dikonfrontasi dengan sejumlah petunjuk, bukti, hingga kesaksian agar konstruksi perkara pemerasan SYL dapat terkuak.

"Banyak hal yang tentu akan dikonfirmasi ke Firli Bahuri berdasarkan bukti ataupun keterangan saksi yang telah dikumpulkan penyidik," jelasnya.

Untuk itu ia meminta Firli bernyali datang ke Mapolda Metro Jaya dan berkata jujur ketika dicecar terkait pemerasan terhadap SYL. "Berharap Firli akan jujur dalam menjawab pertanyaan dari penyidik," ungkap dia.

Editor


Komentar
Banner
Banner