Habar Mudik

Dishub Jatim Cek Kendaraan Umum untuk Mudik 2023, Ratusan Tak Laik!

Dishub Jawa Timur telah melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus mudik 2023. Salah satunya uji kelaikan transportasi umum.

Featured-Image
ILUSTRASI pemudik sudah memenuhi sejumlaj terminal. Foto: apahabar.com/May

bakabar.com, SURABAYA - Dinas Perhubungan (Dishub) Jawa Timur melakukan sejumlah persiapan untuk menghadapi arus mudik 2023. Salah satunya uji kelaikan transportasi umum.

"Kami telah melakukan pengecekan kendaraan mulai 27 Februari sampai 13 April 2023," papar Kepala Seksi Sarana Angkutan Jalan Dishub Jatim Agung Prasongko kepada bakabar.com, Minggu (16/4).

Menurut Agung, pemeriksaan kendaraan berupa bus itu dilaksanakan di 28 terminal tipe B se-Jatim. Pemeriksaan berupa administrasi, teknis, dan laik jalan. Ketiganya harus memenuhi syarat yang ditentukan.

Baca Juga: Antisipasi Lonjakan Pemudik, PT Pelni Siapkan Tambahan 9.418 Tiket

Total kendaraan yang diperiksa sebanyak 9.337. Kendaraan yang laik jalan sebanyak 8.834, sementara yang tidak laik sebanyak 504, imbuh Agung.

Selain itu, pihaknya juga melakukan cek kesehatan bagi sopir bus di sejumlah terminal tipe A di Jatim. Tujuannya untuk memastikan kesehatan sopir secara fisik dan psikis.

Baca Juga: Kurangi Pengeluaran Mudik, Warga Asal Pemalang Nekat Kemudikan Bajaj ke Jateng

Agung juga mengatakan bahwa Dishub Jatim juga mengadakan mudik gratis dengan 90 bus pada 19 April 2023. Dengan kuota sebanyak 3.600 tempat duduk. 

"Pendaftaran online sudah habis, tapi ada 800 tiket belum diverifikasi oleh pendaftar. Kalau pendaftaran offline tersisa kurang dari 100 tempat duduk," pungkas Agung.

Editor


Komentar
Banner
Banner