Arus Balik 2023

H+5 Lebaran Pelabuhan Ketapang Dipenuhi Penumpang ke Bali

Arus balik via Pelabuhan Ketapang Banyuwangi mulai terlihat sejak H+4 Lebaran 2023. Banyak mobil pribadi terpantau berangkat melalui pelabuhan.

Featured-Image
Puluhan mobil pribadi mengantri untuk masuk dalam kapal (26/4/2023),(foto:apahabar.com/Mohamad Abdul)

bakabar.com, BANYUWANGI - Arus balik via Pelabuhan Ketapang Banyuwangi mulai terlihat sejak H+4 Lebaran 2023.

Pantauan bakabar.com, Kendaraan golongan IV A atau jenis mobil pribadi dan sedan mendominasi arus balik, Rabu (26/4).

Berdasarkan data PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, periode 24 jam tertanggal 25 April 2023, tercatat ada sebanyak 5.176 unit kendaraan yang menyeberang menuju ke Pelabuhan Gilimanuk Bali.

Angka tersebut mengalami peningkatan sebanyak 223 unit dari hari sebelumnya yang hanya 4.953 unit pada periode yang sama dalam 24 jam terakhir.

Sedangkan kendaraan golongan II atau jenis motor roda dua tercatat sebanyak 6.103 unit. Angka itu naik 1.473 unit dari hari sebelumnya yang hanya 4.630 unit.

Baca Juga: Demi Kelancaran Saat Balik, ASDP: Pengguna Jasa Beli Tiket Online

General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang Banyuwangi, Muhammad Yasin mengatakan peningkatan kendaraan golongan IV A diperidiksi akan terus meningkat.

"Sementara kendaraan golongan II ada ada peningkatan sebanyak 63 persen," ucap Yasin kepada bakabar.com.

Total hingga Senin (25/4) jumlah penumpang dari Jawa ke Bali, tercatat sebanyak 46.633 orang. Jumlah tersebut tercatat lebih banyak dari hari sebelumnya pada periode yang sama, dengan total penumpang sebanyak 43.086 orang.

Menurut Yasin, saat ini jumlah penumpang mengalami peningkatan yang cukup tinggi mengingat menyusul libur Lebaran telah selesai.

"Bisa jadi H+7 sampai H+10 hari kedepan masih akan meningkat, mengingat arus balik ini akan terus berlanjut," tukasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner