Liga Champions

Cetak Gol, Kiper Lazio Ciptakan Sejarah di Liga Champions

Ivan Provedel menjadi penjaga gawang kedua yang mencetak gol tanpa penalti dalam sejarah Liga Champions.

Featured-Image
Kiper Lazio Ivan Provedel saat menciptakan gol ke gawang Atletico Madrid pada laga Liga Champions 2023/2024, Rabu (20/9). Foto: x/SSLazio

bakabar.com, JAKARTA - Ivan Provedel menjadi penjaga gawang kedua yang mencetak gol tanpa penalti dalam sejarah Liga Champions.

Kiper Italia itu sekaligus membantu I Biancoceleste terhindar dari kekalahan setelah bermain imbang 1-1 melawan Atletico Madrid di Stadion Olimpico, Rabu (20/9) dini hari.

Ketika tertinggal 0-1, Provedel berlari ke depan saat Lazio mendapatkan tendangan sudut di penghujung pertandingan. 

Baca Juga: Link Live Streaming Liga Champions, Lazio vs Atletico Madrid

Ia pun sukses membuat perbedaan. Setelah umpan yang dilepaskan Luis Alberto masih bisa dipatahkan, namun bola kembali bergulir ke gelandang Spanyol itu dan langsung mengirim umpan ke arah kotak penalti Atletico. 

Provedel pun menerobos pemain bertahan lawan untuk melakukan sundulan dari jarak dekat untuk membobol gawang Atletico yang dijaga Jan Oblak.

Gol tersebut sekaligus membuat Provedel menciptakan sejarah di Liga Champions.

Sebelumnya, satu-satunya kiper yang sukses mencetak gol melalui open play di Liga Champions adalah Sinan Bolat bersama Standard Liège pada Desember 2009.

Baca Juga: Mentalitas Jadi Kunci Sukses Lazio Taklukan Napoli

Sedangkan Vincent Enyeama juga pernah menciptakan bersama klub Israel,Hapoel Tel Aviv pada September 2010. Namun, ia mencetak gol melalui titik penalti.  

Provedel menjadi penjaga gawang Italia yang mencetak gol di kompetisi Eropa setelah sebelumnya Marco Amelia bersama Livorno mencetak gol ke gawang Partizan Belgrade saat bertanding di Piala UEFA 2006-2007.

Meski begitu, menciptakan gol ternyata bukan hal baru bagi Provedel. Sebab, ia juga pernah mencetak gol di Serie B dengan Juve Stabia untuk mengamankan hasil imbang 2-2 menghadapi Ascoli pada Februari 2020.

Editor


Komentar
Banner
Banner