Batik Complongan Indramayu

Batik Complongan, Batik Khas Indramayu dengan Ciri Khusus

Batik Complongan Indramayu sudah mendapatkan hak Indikasi Geografis. Sebab batik Complongan Indramayu memiliki ciri khas sendiri.

Featured-Image
motif batik tulis Camplongan Indramayu. Foto: dok. senanghatibatik.

bakabar.com, JAKARTA - Batik Complongan Indramayu sudah mendapatkan hak Indikasi Geografis. Sebab batik Complongan Indramayu memiliki ciri khas sendiri.

Indramayu merupakan wilayah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, daerah yang terkenal akan mangga Indramayu yang menjadi ciri khasnya. Namun setelah adanya jalur tol Indramayu-Kertajati membuat daerah Indramayu ini terlewati begitu saja.

"Berkurangnya pengunjung di daerah Indramayu ini mempengaruhi omset wilayah, dan membuat produksi batik di sana sedikit. Padahal batik disana cantik-cantik," ucap Diana Santosa, Ketua Gelar Batik Nusantara 2023, yang ditemui pada Konferensi Pers Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 di Senayan Park pada (26/7).

Hal ini membuat Yayasan Batik Indonesia (YBI) dalam acara GBN 2023 mengangkat batik tulis Complongan Indramayu ini sebagai salah satu jenis batik yang telah mendapatkan pengakuan Indikasi Geografi.

Baca Juga: Indikasi Geografis Batik Indonesia Masih Kalah dengan Malaysia

Dilansir dari batik Indonesia, Batik Indramayu terpengaruh dari wilayah Lasem, Rembang dan kawasan pesisir Jawa lainnya. Setelah beberapa lama batik ini kemudian dibawa ke Indramayu dan dikenal hingga sekarang.

Motif pada kain batik Camplongan ini digambarkan secara datar dengan banyak lengkungan serta garis meruncing, dan biasanya menggambarkan geografis, flora hingga fauna pesisir laut.

Kondisi ini dipengaruhi masyarakat tempat batik Camplong berasal, yaitu dari pesisir laut. Kebanyakan profesi mereka adalah nelayan dengan kehidupan yang dekat dengan laut tersebut.

"Keindahan motif dan kualitas batik ini menjadi representasi seni yang turun-temurun di wilayah Indramayu, Jawa Barat, yang menjadikan batik ini mempunyai keunikan tersendiri," ujar Diana.

Baca Juga: Difabel Kota Magelang Dijari Membatik

Coretan Batik Indramayu juga memiliki ketelitian dan kekuatan tersendiri yang menjadi keunikannya, karena menggunakan teknik complangan, yaitu teknik melubangi kain dengan jarum khusus. Terkadang dapat ditemui lubang di kain batik tersebut karena teknik mencomplang ini.

Titik titik tersebut merupakan salah satu Indikasi Geografis bagi batik Indramayu dan membuatnya menjadi ikonik. Namun tidak menutup kemungkinan motif batik Complong sendiri ada beberapa bermotif datar (plain).

Selain batik Camplong ini, Indramayu juga terkenal dengan batik Dermayon, yang memiliki khas budaya motif Tiongkok.

Editor


Komentar
Banner
Banner