Piala Dunia 2022

Dramatis! Aksi Heroik Livakovic Bawa Kroasia Kalahkan Brazil Lewat Adu Penalti

Drama tersaji pada pertandingan babak 8 besar antara Kroasia melawan Brazil. Kroasia secara mengejutkan berhasil mengalahkan Brazil dalam adu penalti 4-2.

Featured-Image
Aksi heroik Dominik Livakovic bawa Kroasia menang adu penalti 4-2 melawan Brazil (Foto: Goal.com)

bakabar.com, JAKARTA - Drama tersaji pada pertandingan babak 8 besar antara Kroasia melawan Brazil. Kroasia secara mengejutkan berhasil mengalahkan Brazil dalam adu penalti 4-2 dan memastikan satu tempat di semifinal Piala Dunia 2022.

Jalan Pertandingan Babak Kedua

Memulai babak kedua dengan solid, Brazil hampir unggul satu angka pada menit ke-47. Raphinha yang berakselerasi dengan cepat ke kotak penalti Kroasia, melepaskan operan berbahaya yang hampir saja membuat Josko Gvardiol menceploskan si kulit bundar ke gawangnya sendiri.

Beruntung penyelamatan sigap dari Dominik Livakovic berhasil membuat skor tetap 0-0 di awal babak kedua.

Selang satu menit, Josko Gvardiol kembali melakukan blok yang sangat baik dengan menggagalkan peluang dari Neymar. Richarlison yang melanjutkan kesempatan tersebut berada di posisi offside.

Baca Juga: Imbang 0-0 di Babak Pertama, Duel Kroasia vs Brazil Memasuki Klimaks

Penjaga gawang Kroasia, Dominik Livakovic tampil on fire pada pertandingan kali ini. Di menit ke-55 sebuah peluang dari Neymar kembali dapat dihentikan oleh pemain berumur 27 tahun tersebut.

Brazil nampak kesulitan untuk menembus pertahanan kokoh dari Vatreni (julukan Kroasia). Pada menit ke-56, Tite pun memasukan Antony menggantikan Raphinha.

Masuknya pemain Manchester United tersebut juga masih belum membuahkan hasil positif untuk tim Samba (julukan Brazil). Sehingga di menit ke-64, Brazil kembali melakukan pergantian pemain dengan menarik Vinicius Junior dengan memasukan Rodrygo.

Brazil mendapatkan kesempatan emas pada menit ke-66 melalui Lucas Paqueta, namun Livakovic kembali menjadi mimpi buruk Brazil yang dengan gagahnya menghalau bola tembakan Pemain bernomor 7 itu.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Jelang Kroasia Versus Brasil

Di menit ke-76, Livakovic kembali harus berjibaku untuk mempertahankan gawangnya. Tembakan berbahaya dari Neymar masih dapat ditepis oleh dewa pelindung Kroasia tersebut.

Para penggawa Brazil semakin frustasi ketika Livakovic berhasil menyelamatkan tendangan keras dari Lucas Paqueta yang berdiri bebas di dalam kotak penalti pada menit ke-79 yang masih gagal membuahkan gol.

Kokohnya pertahanan Kroasia semakin menjadi mendekati penghujung pertandingan. Usaha Eder Militao di menit ke-85 masih melebar dari gawang Luka Modric cs.

Secara keseluruhan, Dominik Livakovic berhasil melakukan total 8 penyelamatan di pertandingan tersebut. Angka itu menjadi penyelamatan terbanyak sepanjang sejarah Kroasia di gelaran Piala Dunia.

Baca Juga: Preview dan Link Live Streaming Belanda Vs Argentina: Kekuatan Seimbang, Duel Sengit Menuju Semi Final

Hingga peluit panjang dibunyikan, Brazil gagal merobek jala Kroasia berkat pertahanan kokoh dan disiplin dari Kroasia.

Extra Time

Memasuki babak tambahan, alih-alih Brazil yang pertama kali mendapatkan peluang berbahaya justru Kroasia mendapatkan peluang emas di menit ke-102. Berawal dari serangan balik, Bruno Petkovic yang berhasil mengecoh dua pemain Brazil, memberikan operan cantik yang gagal dieksekusi oleh Marcelo Brozovic.

Tendangan dari pemain bernomor 11 itu masih melambung tinggi dari gawang yang dikawal oleh Alisson.

Brazil akhirnya berhasil memecah kebuntuan pada menit ke-105 melalui Neymar, melalui permainan operan satu-dua cantik dari Neymar dan Lucas Paqueta berhasil menembus pertahanan kokoh Kroasia dan membawa Thiago Silva cs unggul 1-0.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Piala Dunia 2022 Hari Ini: Duel Kroasia vs Brasil dan Belanda vs Argentina

Kroasia menolak menyerah dengan mencetak gol penyeimbang di menit ke-116 melalui serangan balik cepat. Pergerakan cantik dari pemain pengganti, Mislav Orsic berhasil membelah pertahanan Brazil sebelum akhirnya pemain bernomor 18 itu memberikan assist untuk Bruno Petkovic.

Pendukung Kroasia dibuat menahan nafas pada menit akhir. Bermula dari tendangan free kick dari Neymar, bola yang sampai di kaki Thiago Silva masih dapat diselamatkan oleh Livakovic yang secara total sudah melakukan 11 penyelamatan pada pertandingan kali ini.

Imbang 1-1 sepanjang 120 menit, pertandingan dilanjutkan melalui adu penalti untuk memperebutkan tiket ke semifinal Piala Dunia 2022.

Penalti

Rodrygo sebagai penendang pertama dari Brazil gagal menceploskan bola ke gawang Livakovic. Dengan sigap kiper Kroasia itu berhasil menebak arah bola tendangan pemain Real Madrid tersebut.

Baca Juga: Tersingkir di Piala Dunia, Luis Enrique Mundur dari Pelatih Spanyol

Sementara para algojo dari Kroasia berhasil menuntaskan tugasnya dengan baik, Marquinhos sebagai penendang terakhir dari kubu Brazil gagal menyarangkan bola untuk menyelamatkan tim Samba dari kekalahan.

Dengan hasil tersebut, Kroasia menjadi tim pertama yang mememastikan tempat di semifinal pada gelaran sepak bola terakbar, Piala Dunia 2022.

Editor


Komentar
Banner
Banner