Olahraga

Hasil Kualifikasi Piala Dunia 2026: Brasil Pesta Gol, Neymar Lewati Rekor Pele

Timnas Brasil membuka kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan dengan kemenangan telak atas Bolivia, Sabtu (9/9) pagi.

Featured-Image
Neymar da Silva mematahkan rekor Pele dalam kemenangan Timnas Brasil atas Bolivia, Sabtu (9/9) pagi. Foto: BolaSport

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Brasil membuka kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan dengan kemenangan telak atas Bolivia, Sabtu (9/9) pagi.

Menjadi tuan rumah di Estádio Estadual Jornalista Edgar Proença, Brasil mendominasi permainan. Bahkan di menit 14, mereka memperoleh hadiah penalt akibat handball Adrian Jusino.

Neymar da Silva pun ditunjuk menjadi eksekutor. Namun sepakan pemain yang baru bergabung dengan Al-Hilal ini dapat ditangkap kiper Guillermo Viscarra.

Baru di menit 24, Brasil membuka keunggulan melalui gol yang dilesakkan Rodrygo Goes setelah memanfaatkan bola rebound hasil sepakan Raphinha.

Guillermo Viscarra sendiri tampil brilian sepanjang babak pertama, karena beberapa kali menggagalkan peluang tuan rumah.

Namun 2 menit selepas turun minum, jala gawang Bolivia kembali bergetar. Raphinha melepas sepakan placing akurat, seusai menerima umpan Neymar.

Sekitar 6 menit berselang, Brasil sukses mengubah kedudukan menjadi 3-0 berkat gol yang dicetak Rodrygo Gaes.

Neymar akhirnya membayar kesalahan dengan ikut mencetak gol di menit 61, setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang Bolivia.

Gol tersebut juga membawa Neymar menjadi topskorer sepanjang masa Timnas Brasil dengan 78 gol. Neymar sukses melewati rekor Pele yang mencetak 77 gol.

Setelah gol bersejarah untuk Neymar itu, Bolivia sempat memperkecil kedudukan di menit 78 berkat aksi Victor Abrego.

Namun menjelang bubaran, tepatnya di menit 90+3, Neymar mencetak gol tambahan usai menerima umpan silang Raphinha.

Berkat kemenangan 5-1, skuat asuhan Fernando Diniz itu langsung menempati puncak klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Amerika Selatan.

Brasil unggul selisih gol atas Urugay yang mengalahkan Chile dengan skor 3-1. Nicolas de la Cruz mencetak brace untuk La Celeste, ditambah sebiji gol dari Federico Valverde.

Sementara juara bertahan Argentina juga mengawali kualifikasi dengan kemenangan. Gol semata wayang Lionel Messi di menit 78 membawa Albiceleste menekuk Ekuador.

Gol tersebut dicetak Lionel Messi melalui tendangan bebas. Dengan demikian, La Pulga tekah mencetak 104 gol untuk Timnas Argentina.

Editor


Komentar
Banner
Banner