Kunjungan Jokowi

Ada Prabowo Dampingi Jokowi di Kalsel

Presiden Joko Widodo rupanya tak sendiri saat bertandang ke Kalimantan Selatan ia juga ditemani Prabowo Subianto

Featured-Image
Presiden Jokowi saat bertemu Perdana Menteri Singapura didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebelum bertolak ke Kalsel. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden via Detik

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo rupanya tak sendiri dalam lawatannya ke Kalimantan Selatan. Orang nomor satu itu ditemani sejumlah menteri kabinet Indonesia Maju. Termasuk di antaranya yang tak terlalu tertangkap sorot mata kamera publik, Prabowo Subianto. 

Tiba di Bandara Syamsuddin Noor menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1, Kamis petang (16/3), Jokowi disambut hangat Gubernur Kalsel Sahbirin Noor dan jajaran. 

Mulanya tak tampak dua menteri yang mendampingi Jokowi, yakni Menteri Sekretaris Negara Pramono Anung, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Baca Juga: Jokowi Senyum-Senyum Dengar Laporan Wali Kota Banjarbaru 

Meski, keduanya dikabarkan ikut datang ke Kalsel menumpangi pesawat yang sama dengan yang digunakan Presiden Jokowi setelah kunjungan dari Singapura. 

Namun begitu, Staf Humas Kementerian Pertahanan membenarkan bahwa Prabowo Subianto ikut dalam kunjungan kerja Jokowi ke Kalsel.  

"Beliau di Kalimantan. Tidak ada [agenda lain selain menemani Jokowi], itu kan acaranya Pak Jokowi," jelasnya dihubungi bakabar.com. 

Kedatangan Prabowo di Kalimantan Selatan juga dibenarkan oleh Wakil Ketua Gerindra Kalsel, Ilham Noor. "Iya, beliau mendampingi Presiden," jelas Ilham. 

Bahas IKN

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jakarta. Foto: Antara
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Jakarta. Foto: Antara

Berbagai rangkaian kegiatan mewarnai kunjungan Presiden Jokowi di Kalsel. Di antaranya Muktamar Rabithah Melayu Banjar di Kabupaten Tabalong.

Kunjungan ke Pasar Astambul di Kabupaten Banjar sekaligus menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) dan modal usaha kepada para pedagang.

Baca Juga: Jokowi Tiba di Kalsel, Gak ke Km 171 Pak?

Selanjutnya, peresmian Sistem Penyediaan Air Minum Tahap Dua di Balai Pengelola Air Minum Banjarbakula dan jumatan di Masjid Agung Al-Munnawarah di Jalan Trikora, Banjarbaru.

Sebelum bertolak ke Kalsel, Jokowi dan Prabowo baru saja melakukan kunjungan kerja ke Singapura. Di Negeri Singa, Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di istana kepresidenan setempat. 

Dalam pertemuan tersebut, kedua pemimpin negara membahas peningkatan kerja sama berbagai bidang dua negara dan isu kawasan. 

Baca Juga: Jokowi Tiba di Kalsel Esok, 3 Lokasi Bakal Dikunjungi

Sekadar tahu, pertemuan Leaders Retreat di Singapura berlangsung hingga Kamis sore kemarin. Ini merupakan pertemuan tahunan. Yang tahun lalu, digelar di Bintan, Indonesia. 

Salah satu fokus pembahasan dalam pertemuan itu adalah pembangunan Ibu Kota Nusantara. "Kerja sama ekonomi, digital, kesehatan, dan energi terbarukan menjadi fokus pembahasan," kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pesan tertulis. 

Editor


Komentar
Banner
Banner