Hari Hutan Indonesia

7 Agustus Hari Hutan Indonesia, Merawat Ingatan untuk Terus Jaga Hutan

Hari Hutan Indonesia diperingati setiap 7 Agustus. Diawali petisi, kini resmi jadi hari untuk mengingatkan publik pentingnya hutan.

Featured-Image
Pada tanggal 7 Agustus 2023, diperingati sebagai Hari Hutan Indonesia. Foto: Instagram/harihutan_id

bakabar.com, JAKARTA –  Hari Hutan Indonesia diperingati setiap 7 Agustus. Diawali petisi, kini resmi jadi hari untuk mengingatkan publik pentingnya hutan.

Hari Hutan Indonesia adalah peringatan tahunan yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan, khususnya di Indonesia, yang memiliki hutan dengan peran penting dalam menjaga keberlangsungan ekosistem dan iklim.

Menurut informasi dari website (https://harihutan.id/) Hari Hutan Indonesia bermula dari petisi yang dilakukan oleh sejumlah orang pada tahun 2017 dengan alamat petisi "change.org/jagahutan."

Petisi ini bertujuan untuk menggerakkan orang-orang agar lebih peduli dan proaktif dalam menjaga hutan di Indonesia. Petisi tersebut berhasil mendapatkan dukungan dari hampir 1,5 juta orang yang memahami pentingnya pelestarian hutan dan dampak positifnya bagi lingkungan dan masyarakat.

Baca Juga: Miris, Suku Awyu Diintimidasi di Hutan Adatnya Sendiri

Melihat kesuksesan petisi tersebut dan meningkatnya kesadaran publik tentang pentingnya konservasi hutan, maka diputuskan untuk menetapkan tanggal 7 Agustus sebagai Hari Hutan Indonesia.

Dipilihnya tanggal ini juga terkait dengan disahkannya Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mengenai Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut, yang menunjukkan komitmen pemerintah dalam upaya menjaga hutan dan mengurangi deforestasi.

Perayaan Hari Hutan Indonesia memberikan kesempatan bagi masyarakat, pemerintah, dan lembaga lainnya untuk berkolaborasi dalam membangun kesadaran dan aksi nyata dalam menjaga hutan sebagai sumber kehidupan yang tak ternilai harganya.

Dengan tema "Jaga Hutan, Jaga Iklim" pada #HariHutanIndonesia2023, diharapkan pesan penting tentang peran hutan dalam mitigasi perubahan iklim dapat lebih tersebar luas dan menciptakan dampak positif bagi masa depan bumi.

Baca Juga: Komnas HAM Klaim Dukung Upaya Lindungi Hutan Adat Suku Awyu Papua

Aksi yang bisa dilakukan masyarakat di hari hutan Indonesia. Foto: Instagram/harihutan_id
Aksi yang bisa dilakukan masyarakat di hari hutan Indonesia. Foto: Instagram/harihutan_id


 Peringatan-peringatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga hutan dan memperkuat komitmen dalam melestarikan sumber daya alam yang krusial bagi kelangsungan hidup manusia dan seluruh makhluk hidup di bumi.

Dengan mengedukasi publik tentang peran hutan dan isu-isu lingkungan terkait, diharapkan akan tercipta upaya kolektif dalam melindungi dan melestarikan hutan Indonesia untuk generasi mendatang.

Editor


Komentar
Banner
Banner