Info Unik

5 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Untuk memutuskan tinggal disebuah kota, salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya hidup.

Featured-Image
Kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia (Foto: dok. Pinhome)

bakabar.com, JAKARTA - Untuk memutuskan tinggal disebuah kota, salah satu hal yang harus dipertimbangkan adalah biaya hidup. Terlebih jika Anda memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikan perguruan tinggi yang berlokasi di luar daerah.

Menjadi anak rantau harus memperhatikan biaya hidup di daerah tersebut. Ada kalanya, Anda mengetahui daerah itu memiliki biaya hidup sehari-hari yang terjangkau agar membantu anak rantau dalam menghemat uang saku.

Berikut adalah beberapa contoh kota dengan biaya hidup termurah:

1. Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termurah. Hal ini dilihat dari hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) menjelaskan bahwa biaya hidup per bulan yang diperlukan untuk satu keluarga dengan 4 anggota sebesar Rp3,03 juta.

Jumlah tersebut tentunya akan lebih murah jika dihitung per orang. Disamping biaya hidup yang murah, Banyuwangi memiliki sederet keindahan alam yang memanjakan mata. Contohnya Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, Teluk Hijau dan berbagai keindahan lainnya.

Baca Juga: Perokok Wajib Coba! 5 Makanan Pembersih Paru-Paru

2. Yogyakarta

Kota ini sudah terkenal sebagai Kota pelajar dan menjadi salah satu kota tujuan favorit wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota pelajar tersebut merupakan salah satu kota dengan biaya hidup yang murah.

Biaya hidup yang dibutuhkan untuk tinggal di Kota Pelajar ini sekitar Rp1-1,5 juta. Makanan yang tersedia di kota tersebut cukup terjangkau berkisar Rp5-10 ribu per porsinya.

Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar dan biaya hidup yang murah, Yogyakarta memiliki destinasi hiburan yang beragam. Disamping itu, Orang Yogyakarta juga dikenal dengan keramahannya.

3. Solo

Kota dengan biaya hidup selanjutnya adalah Solo. Kota ini terletak dekat dengan Yogyakarta dan memiliki biaya hidup yang sama murahnya. Biaya hidup perbulannya sekitar Rp1,5 juta per orang.

Selain biaya hidup yang murah, Kota Solo juga terkenal sebagai kota ramah mahasiswa dan memiliki beberapa kampus ternama, salah satunya Universitas Negeri Sebelas Maret.

Hal itulah yang menjadi salah satu alasan mengapa Kota Solo termasuk ke dalam kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia.

Baca Juga: Dilayani Robot sampai Sepi Pengunjung, 5 Hotel Ini Pecahkan Rekor Terunik

4. Cirebon

Kota ini dijuluki sebagai kota udang dan dikenal sebagai kota para wali melalui ajaran Agama Islam yang dibawa oleh seorang Wali Songo bernama Sunan Gunung Jati.

Kota Cirebon juga masuk ke dalam kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Dikarenakan biaya hidup yang ada di kota ini  sekitar Rp1,5 sampai denngan Rp2 Juta untuk satu orang.

Rata-rata biaya hidup seperti harga makanan, transportasi, terbilang masih terjangkau.

Baca Juga: Pesona Kebaya Merah, Inspirasi Artis Indonesia Tampil Anggun dan Seksi

5. Purwokerto

Kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah ini masuk ke dalam salah satu deretan kota dengan biaya hidup termurah. Biaya hidup yang dikeluarkan di Kota ini berkisar Rp2 juta perbulan untuk satu orang.

Selain biaya hidup yang murah, Purwokerto juga menawarkan beberapa destinasi wisata yang terkenal yaitu Baturaden, Gunung Selamet, dan masih banyak lagi.

Di kota ini juga terdapat salah satu Universitas Negeri Terbaik bernama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Itulah sejumlah kota di Indonesia yang memiliki standar biaya hidup terbilang murah ketimbang kota-kota lainnya. Bagaimana, tertarikkah Anda untuk bermukim di salah satu kota itu?

Editor


Komentar
Banner
Banner