Kasus Tahanan Tewas

4 Anggota Polisi jadi Tersangka Penganiayaan Tahanan di Banyumas

Jajaran Ditreskrimum Polda Jawa Tengah menetapkan 4 anggota Polresta Banyumas sebagai tersangka penganiayaan tahanan hingga meregang nyawa.

Featured-Image
Petugas memasukan peti jenazah yang berisi jenazah tahanan korban penganiayaan di tahanan Polresta Banyumas beberapa waktu yang lalu. Foto: apahabar.com/Afgani Dirgantara

bakabar.com, BANYUMAS - Jajaran Ditreskrimum Polda Jawa Tengah menetapkan 4 anggota Polresta Banyumas sebagai tersangka penganiayaan tahanan hingga meregang nyawa.

Sementara 7 anggota Polresta Banyumas lainnya hanya dikenakan sanksi etik. Hal ini merujuk pada hasil pemeriksaan tim Polda Jawa Tengah yang terdiri dari Direktorat Kriminal Umum, Propam dan penyidik Polresta Banyumas.

"Empat dari tujuh ini dinyatakan cukup bukti melakukan tindak pidana," kata Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi di halaman Kantor Direktorat Kriminal Umum Polda Jateng, Senin (17/7).

Baca Juga: Tewasnya Tahanan Polresta Banyumas: Delapan Polisi Terancam Pidana

Keempat anggota Polresta Banyumas kini telah mendekam di rutan Mapolda Jawa Tengah.

Menurut Luthfi, empat orang ini diduga menganiaya Oki Kristodiawan dalam momen penangkapan. Oki ditangkap atas dugaan kasus pencurian sepeda motor.

Saat ditangkap, Oki dalam keadaan sehat. Namun pada video Jatanras yang tayang di stasiun televisi swasta menunjukan ada luka di tubuh Oki, terutama saat keluar dari kendaraan petugas penjemput.

Baca Juga: Tahanan Tewas di Polresta Banyumas Dilaporkan ke Komnas HAM

Sementara anggota Polresta Banyumas lainnya dinilai lalai karena tak menjaga tahanan saat mendapat tugas jaga.

Adapun mereka dituding melanggar kode etik karena tidak menjalankan peraturan yang berlaku saat proses penangkapan.

"Ini menjadi pembelajaran untuk anggota, sudah kami sampaikan ke seluruh jajaran. Bahwa salah satu tugas pokok Polri adalah menegakkan hukum. Namun dalam menegakkan hukum tidak boleh dengan cara melanggar hukum," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner