Piala AFF 2022

Wasit Jepang Pimpin Leg 2 Vietnam vs Indonesia, Mimpi Buruk Bagi Skuat Garuda?

Wasit Araki Yasuke akan memimpin jalannya pertandingan leg kedua Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022, Indonesia memiliki kenangan buruk.

Featured-Image
Araki Yusuke wasit yang akan memimpin laga leg 2 Indonesia vs Vietnam di semifinal Piala AFF 2022 (Foto: Bongda24h)

bakabar.com, JAKARTA – Laga semifinal Piala AFF 2022 leg kedua antara Indonesia vs Vietnam dipastikan akan dipimpin oleh wasit Araki Yusuke.

Skuat Garuda pernah memiliki kenangan yang tak mengenakan ketika dipimpin oleh wasit asal Jepang itu.

Araki Yusuke dulu pernah memimpin pertandingan timnas Indonesia kala menjamu Islandia pada 14 Januari 2018 silam. Ketika itu, juru pengadil lapangan itu memberikan keputusan yang merugikan bagi skuat Garuda.

Kala itu, Timnas Indonesia yang masih diasuh oleh pelatih asal Spanyol, Luis Milla harus menelan kekalahan 1-4 dari tim tamu yang berlaga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Kekalahan tersebut membuat para pendukung tim Merah Putih yang hadir di stadion kecewa atas hasil yang diraih timnas Indonesia.

Baca Juga: Balas Pernyataan STY, Park Hang-seo: Buktikan di Lapangan!

Tak hanya itu, keputusan yang diberikan oleh Araki yang memimpin laga tersebut juga dinilai menuai kontroversi dari kepemimpinannya di lapangan.

Sebab Araki dinilai banyak melakukan keputusan yang sangat merugikan bagi skuat Garuda. Bahkan para suporter timnas Indonesia merasa wasit asal Jepang itu seperti terlalu berpihak ke kubu lawan.

Tidak hanya timnas Indonesia saja yang memiliki kenangan buruk dengan sosok wasit asal negeri Sakura tersebut.

Kubu lawan Indonesia di semifinal Piala AFF 2022, Vietnam juga memiliki kenangan yang tidak mengenakan kala dipimpin oleh Araki Yasuke.

Baca Juga: Putaran 1 Proliga 2023: Jakarta LavAni Allo Bank Kuasai Pekan Pertama

Dilansir dari media lokal Vietnam, Bongda24h, pasukan The Golden Star pernah merasa dirugikan oleh sosok wasit Araki.

Ketika itu, Vietnam U-23 yang melawan Arab Saudi U-23 harus bermain dengan 10 orang pemain usai wasit Araki mengusir kiper Vietnam Quan Van Chuan.

Araki mengeluarkan kartu merah untuk kiper Vietnam tersebut setelah kiper Vietnam itu melakukan pelanggaran ke pemain Arab Saudi.

Sebelumnya, di leg pertama Indonesia vs Vietnam yang digelar di SUGBK, Jumat (6/1) lalu, performa wasit di pertandingan tersebut juga menuai banyak kontroversi dari pengambilan keputusannya.

Wasit Oumar Al-Yaqoubi yang memimpin leg pertama tersebut dianggap memalukan beberapa kesalahan dalam mengambil keputusan.

Baca Juga: Hasil Piala FA: Chelsea Dipermalukan City, Villa Korban Lanjutan Kasta Rendah

Tindakan keras pemain Vietnam terhadap penggawa timnas Indonesia menjadi sorotan tajam lantar sang wasit tidak memberikan hukuman bagi pemain Vietnam tersebut.

Terlebih, wasit Omar kala itu tidak mempedulikan tekel keras terhadap salah satu pemain skuat Garuda bahkan dirinya tidak memberhentikan pertandingan kala terjadi pelanggaran tersebut.

Keputusan wasit tersebut dalam memimpin leg pertama timnas Indonesia di semifinal Piala AFF 2022 jelas sangat merugikan skuat Garuda.

Pertandingan leg pertama Timnas Indonesia kontra Vietnam harus berakhir dengan skor imbang setelah kedua tim tak mampu menciptakan gol di laga tersebut.

Selanjutnya, duel Indonesia melawan Vietnam akan kembali digelar di leg kedua yang akan dihelat di Stadion My Dinh, Hanoi, markas Vietnam pada Senin (9/1) pukul 19.30 WIB.

Editor


Komentar
Banner
Banner