Pemilu 2024

Waduh! 2.513 Alat Peraga Kampanye di Bogor Langgar Aturan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menemukan sebanyak 2.513 alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan.

Featured-Image
Konferensi pers Bawaslu Kabupaten Bogor terkait laporan dalam Pemilu 2024 (Foto: apahabar.com/Hendra).

bakabar.com, BOGOR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bogor, menemukan sebanyak 2.513 alat peraga kampanye (APK) yang tidak sesuai aturan.

Koordinator Divisi Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Burhanudin mengatakan, pihaknya masih melakukan rekapitulasi.

"Dari 2.513 itu kita memang belum bisa menyampaikan partainya apa, (partai) yang paling banyak siapa, kami masih melakukan rekapitulasi ulang," kata Burhan, Rabu (27/12).

Baca Juga: Bawaslu Bogor Usut Adanya Laporan Dugaan Pelanggaran Pemilu

Dia mengatakan bahwa pelanggar beragam. Mulai dari tingkat Capres, DPR RI, DPD RI, hingga tingkat kabupaten. Pelanggaran tersebut akan ditindaklanjuti.

"Sehingga tentu dugaan pelanggaran ini akan kami tindaklanjuti baik merekomendasi kepada Satpol PP," imbuhnya.

Pelanggaran termasuk di antaranya penempelan alat peraga di fasilitas umum seperti angkutan umum. Burhan mengatakan sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan (Dishub).

Baca Juga: Kampanyekan Paslon 01 di Medsos, Guru Cianjur Dilaporkan ke Panwascam

"Kita sudah koordinasi dengan Dishub, kita akan layangkan surat kaitan rekomendasi untuk dilakukan penertiban," jelasnya.

Burhan menyebut mayoritas pelanggaran yaitu menempel alat peraga kampanye di pohon dan tiang listrik. Penertiban di seluruh wilayah Kabupaten Bogor, lanjutnya, segera dijadwalkan.

"(Diterbitkan) tergantung Satpol-PP menjadwalkannya kapan. Kita juga pelaksanaan penertiban itu serentak di 40 kecamatan di Kabupaten Bogor," pungkasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner