Pemerasan KPK

[VIDEO] Kembali Mangkir, Firli Bahuri Tak Hadiri Panggilan Polisi

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak hadir memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya.

bakabar.com, JAKARTA - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tak hadir memenuhi panggilan Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya, Selasa (14/11).

Saksi atas dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) itu kembali mangkir. Firli tidak hadir dengan alasan memenuhi undangan klarifikasi kedua dari Dewan Pengawas (Dewas) KPK di gedung Merah Putih, Jakarta.

Karena sudah beberapa kali mangkir, Polri sangat terbuka terhadap upaya jemput paksa Firli Bahuri. Hal itu dimungkinkan sebagaimana aturan di pasal 17 KUHAP.

Hingga Senin, 13 november 2023, sebanyak 86 saksi dan 8 ahli sudah diperiksa. Mereka terdiri dari 4 ahli hukum pidana, 1 ahli hukum acara, 1 pakar mikroekspresi, 1 ahli multimedia, dan terakhir 1 ahli digital forensik.

Baca Juga: Firli Bahuri Klaim Polisi Tak Temukan Bukti Pemerasan

Selanjutnya, Polda Metro Jaya akan menunggu hasil konfirmasi atau koordinasi dari Kepala Biro Hukum KPK terkait menjadwalan ulang Firli Bahuri.

Firli seharusnya menjalani pemeriksaan lanjutan pada Selasa 7 November 2023, namun ia absen dengan alasan mengikuti kegiatan Roadshow Antikorupsi di Aceh. Pemeriksaan kemudian diagendakan pada Selasa, 14 November 2023, namun Firli berdalih ada jadwal pemeriksaan di Dewas KPK.

Video Journalist: Andini Dwiutari
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner