Hari Jadi Lumajang

[VIDEO] Hari Jadi ke-768 Lumajang, Warga Berebut Gunungan

Warga yang telah menunggu sejak pagi berebut gunungan hasil bumi, saat peringatan hari jadi Lumajang (Harjalu) ke-768 tahun digelar di alun-alun Lumajang.

bakabar.com, JAKARTA - Warga yang telah menunggu sejak pagi berebut gunungan hasil bumi, saat peringatan hari jadi ke-768 tahun KotaLumajang (Harjalu) yang digelar di alun-alun Lumajang, Jumat (15/12).

Buah durian yang di tempatkan di atas gunungan menjadi incaran warga. Selain itu, hasil bumi seperti sayuran, buah, telur hingga keripik turut diperebutkan warga

Yanto, salah seorang warga tak menyia-nyiakan kesempatan berebut gunungan. Ia langsung mengincar buah durian meskipun dikelilingi kawat berduri.

Dalam waktu tak sampai 10 menit, gunungan yang tadinya penuh hasil bumi habis diserbu warga. Sedikitnya 4 gunungan disediakan panitia untuk diperebutkan warga siang itu.

Baca Juga: [VIDEO] Euronet Perluas Sistem Pembayaran dan Transaksi Digital

Prosesi hari jadi Lumajang (Harjalu) ke-768 yang dimulai sejak pagi berlangsung meriah. Pertunjukan diawali dengan pertunjukan teatrikal di Pendopo Arya Wiraraja Kabupaten Lumajang.

Teatrikal menceritakan penobatan raja Lumajang yang tertulis dalam Prasasti Mula Malurung pada lempeng VII a baris 1-3.

Pada kesempatan itu, para siswa juga tidak ketinggalan unjuk kebolehan. Sejumlah tari, mulai dari tari Gelipang Rodat, Jaran Slining, Tari Godril, Tari Topeng Kaliwungu, Jaran Kencak dan tari Kopyah ikut dipertunjukkan.

Pj. Bupati Lumajang Indah Wahyuni dalam arahannya mengingatkan semangat hari jadi Kabupaten Lumajang harus terus digelorakan.

Baca Juga: [VIDEO] Nggak Kapok, Ammar Zoni Ditangkap 3 Kali karena Narkoba

Semangat tersebut diimplementasikan melalui beragam cara di beberapa sektor meliputi pelayanan masyarakat, ekonomi, peningkatan dan pembangunan SDM, pemenuhan infrastruktur, perencanaan dalam penanggulangan bencana, tata kelola birokrasi hingga keamanan.

Karena itu Indah wahyini mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran Pemkab lumajang yang telah bersinergi dalam memperingati hari jadi Lumajang ke-768.

Video Journalist: Muhammad David Firmansyah
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner