Sistem Pembayaran Digital

[VIDEO] Euronet Perluas Sistem Pembayaran dan Transaksi Digital

Euronet Worldwide mengimplementasikan platform pembayaran REN pada PT Jalin yang merupakan jaringan switching terbesar milik pemerintah.

bakabar.com, JAKARTA - Pengembang teknologi Euronet Worldwide mengimplementasikan platform pembayaran REN pada PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) yang merupakan jaringan switching terbesar milik pemerintah.

REN merupakan software pembayaran terbaru yang memudahkan jalin memenuhi persyaratan kompleks proyek dan volume transaksi besar melalui ATM, terminal pos, QR code, mengaktifkan dompet digital hingga pengelolaan fungsi back office seperti kliring dan penyelesaian untuk tipe transaksi maupun jenis pembayaran yang berbeda.

Layanan itu tersedia melalui application programming interface (API) yang dapat digunakan oleh berbagai pelaku usaha dalam ekosistem pembayaran.

Kepada bakabar.com President Director PT. Euronet Technologies Indonesia, Melissianna D. Kriswandi mengungkapkan layanan tersebut berawal dari kompleksnya sistem pembayaran di dunia.

Baca Juga: Tanda Tangan Elektronik Tersertifikasi demi Keamanan Transaksi Digital

Melalui API semua persoalan terkait jenis pembayaran digital bisa teratasi. Dengan demikian, Euronet menjadi enabler yang mampu mewujudkan visi penting jalin dalam ekosistem keuangan di Indonesia.

Langkah tersebut menurut Melissiana merupakan salah satu proyek yang menunjukkan kekuatan teknologi pembayaran REN dan bagaimana pihaknya bisa membantu bank, switch dan prosesor di seluruh dunia untuk bergerak menuju pembayaran modern platform pemrosesan.

Melissiana yang berlatar belakang akuntan auditor memahami betul kebutuhan transaksi dan switching dari pelaku usaha agar bisa beradaptasi dengan perubahan zaman.

Proyek itu diimplementasikan secara bertahap dan melibatkan migrasi beban kerja dari sistem yang ada untuk REN dan onboarding layanan baru seperti ATM driving dan pemrosesan digital pembayaran kode QR berbasis dompet.

Baca Juga: BRI Bukukan Lonjakkan Transaksi Digital Hingga 154,63 Persen

Tahap pertama adalah pemberdayaan QR cross border pembayaran kode yang melibatkan pengembangan interface pembayaran masuk dan keluar dengan infrastruktur pusat Thailand dan Malaysia.

Selanjutnya, layanan bisa dimanfaatkan oleh pengguna untuk melakukan transaksi di manapun berada. Salah satunya dengan produk multivendor ATM software. Layanan tersebut bertujuan memusatkan pengelolaan saluran ATM ke dalam satu kontrol perintah.

Video Journalist: Bambang Susapto
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner