Pemkab Tanah Bumbu

Tuan Guru Udin Ajak Umat Islam Bersholawat dan Muliakan Keturunan Nabi Muhammad

apahabar.com, BATULICIN – Puluhan ribu jemaah terpukau. Dalam setiap hitungan detik, jemaah tertawa, bahkan sampai terpingkal-pingkal…

Featured-Image
Tuan Guru Udin mengajak umat Islam untuk bersholawat dan memuliakan keturunan Rasulullah. Foto-istimewa

bakabar.com, BATULICIN – Puluhan ribu jemaah terpukau. Dalam setiap hitungan detik, jemaah tertawa, bahkan sampai terpingkal-pingkal saat menyimak ceramah KH Zhofaruddin atau yang akrab disapa Tuan Guru Udin pada acara Haul Haji Maming bin Rahing, Sabtu (16/2/2019) malam.

Tuan Guru Udin memang unik. Ia berhasil membuat puluhan ribu jemaah tak kehilangan fokus saat menyimak kata-kata yang ia sampaikan. Ia memulai ceramahnya dengan menyinggung hal yang cukup sensitif di masyarakat: poligami.

Dengan gayanya yang khas, Tuan Guru Udin berhasil membuat puluhan ribu jemaah betah berlama-lama duduk mendengarkan ceramahnya. Berulangkali ia membuat Cuncung H Maming, Habib Syech, dan Mardani H Maming tertawa lebar saat menyinggung tentang suami yang takut berpoligami.

Namun, dibalik gayanya yang kocak, ada esensi yang terkandung di dalam setiap kalimat dan kata-kata yang disampaikan ulama asal Samarinda itu.

Ia misalnya, selalu mengajak umat Islam untuk terus bersholawat kepada Nabi Muhammad. Ia mengatakan, orang yang tak mau bersholawat adalah orang yang sangat merugi.

“Allah saja bersholawat kepada Rasulullah. Jadi, orang yang tak mau bersholawat itu bungul betul,” ujar Tuan Guru Udin, dengan gaya bahasa campuran Indonesia-Banjar, yang disambut tawa jemaah.

Ia mengatakan bersholawat akan membuat hati setiap orang bergembira. Pada kesempatan itu, ia juga menyebut Haul Haji Maming bin Rahing akan diberikan berkah yang besar karena dihadiri ulama ahli sholawat seperti Habib Syech dan Habib Jindan.

Kehadiran ahlul bait di dalam acara tersebut, kata Tuan Guru Udin, akan membuat acara itu dipandang oleh Allah dan Rasulullah.

Ia pun mendoakan agar seluruh jemaah yang hadir mendapatkan berkah dari sholawat kepada Rasulullah.

Habib Syech menyebut ceramah Guru Udin, meskipun terkesan banyak bercanda, tetapi penuh dengan kecintaan kepada Nabi Muhammad.

Setelah Tuan Guru Udin menyampaikan ceramahnya, acara Haul Haji Maming bin Rahing ke 3 dilanjutkan kembali dengan pembacaan sholawat yang dipimpin Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf. Acara malam itu ditutup dengan lagu Indonesia Raya.

Baca Juga:HSS Bersholawat, Ribuan Jemaah Sambut Kehadiran Habib Syech

Reporter: Puja Mandela
Editor: Syarif



Komentar
Banner
Banner