DPRD Tanah Bumbu

RAPBD 2024 Tanah Bumbu, Fraksi Golkar Minta Maksimalkan Belanja Prioritas dan Non Prioritas

DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna pemandangan umum fraksi terhadap RAPBD tahun anggaran 2024.

Featured-Image
Juru bicara Fraksi Partai Golkar, Harmanuddin, saat membacakan pemandangan umum fraksi. Foto-Humas DPRD Tanbu.

bakabar.com, BATULICIN - DPRD Kabupaten Tanah Bumbu menggelar paripurna pemandangan umum fraksi terhadap RAPBD tahun anggaran 2024.

Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanah Bumbu Said Ismail Khollil Alydrus, didampingi Ketua DPRD Andrean Atma Maulani, dan dihadiri Sekretaris Daerah H Ambo Sakka, Senin (9/10).

Dalam paripurna, lima fraksi DPRD Tanah Bumbu yakni Fraksi PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, dan Amanat Nasional Demokrat menyampaikan pandangan umumnya.

Salah satunya Fraksi Partai Golkar. Melalui juru bicaranya, Harmanuddin, sangat mengapresiasi langkah strategi Pemkab Tanah Bumbu dalam melakukan perencanaan belanja daerah yang berpedoman pada prinsip-prinsip penganggaran pelaksanaan tugas dan fungsi satuan kerja perangkat daerah, sehingga dalam oreantasinya menitik beratkan prioritas pembangunan tahun 2024.

Diketahui target pendapatan daerah pada RAPBD tahun 2024 sebesar Rp2.625.283.540.226. Berdasarkan hasil tersebut, Fraksi Partai Golkar memandang perlu bahwa perencanaan ataupun kebijakan belanja 
APBD tahun 2024 diarahkan untuk memperkuat perekonomian daerah. 

Kemudian untuk belanja sebesar Rp2.836.461.199.273. Selanjut defisit Rp216.177.659.047 walaupun dapat ditutupi dengan pembiayaan daerah.

"Ini merupakan catatan penting untuk dapat diperhatikan dalam pembelanjaan daerah. Fraksi Partai Golkar mengharapkan untuk dapat dimaksimalkan pembelanjaan prioritas dan tidak prioritas," ujar Harmanuddin.

Fraksi Partai Golkar juga menekankan agar oreantasi belanja untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat harus menjadi prioritas. Kalau dibanding kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan harus didahulukan dan semangat kolektif yang kuat untuk memprioritaskan kegiatan yang langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Ini kami sampaikan dengan maksud dan tujuan supaya pembahasan RAPBD tersebut dapat dilaksanakan secara cermat, akurat konfrenshi dan sistematis, serta detail. Sehingga dapat menimbulkan dampak positif bagi masyarakat Tanah Bumbu," pungkas Harmanuddin.

Editor


Komentar
Banner
Banner