liga 1

Trofi Liga 1 Memiliki Desain Baru, Ini Filosofinya

Jelang berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah melakukan sejumlah persiapan, termasuk trofi.

Featured-Image
Liga 1 mengeluarkan trofi dengan desain baru untuk kompetisi musim 2022/2023. (Foto: dok. ptlib)

bakabar.com, JAKARTA - Jelang berakhirnya kompetisi Liga 1 musim 2022/2023, operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) tengah melakukan sejumlah persiapan, termasuk penyerahan trofi bagi juara liga musim ini.

Seperti diketahui, PSM Makassar dipastikan sebagai juara Liga 1 musim 2022/2023 usai mengalahkan Madura United dengan skoe 3-1 pada pekan ke-32 lalu.

Saat ini PSM berada di puncak klasemen dengan perolehan 72 poin dari 33 pertandingan. Mereka unggul enam poin dari Persija Jakarta yang menduduki posisi kedua.

Dengan satu laga tersisa, praktis poin PSM tak lagi bisa dikejar oleh tim lainnya. Rencananya, PSM bakal merayakan pesta juaranya musim ini di markas mereka sendiri, yaitu Stadion Gelora BJ Habibie, Parepare pada hari ini (16/4) usai laga melawan Borneo FC.

Baca Juga: Real Madrid Jaga Peluang Tipis Gelar LaLiga Musim Ini

Untuk merayakan pesta juara, PT LIB pun sudah menyiapkan trofi BRI Liga 1 2022/2023 untuk PSM Makassa. Namun kali ini trofi yang disiapkan berbeda dengan trofi yang ada sebelumnya.

Trofi baru itu menggunakan bahan dasar tembaga dan kuningan berlapis perak dan tambahan batu mulia pada bagian depan dengan ukuran tinggi 60 cm dan lebar 50 cm.

Salah satu yang mencolok dari bentuk trofi baru ini terdapat di bagian kiri kanan trofi berbentuk kepala Garuda, yang merupakan lambang negara Indonesia.

“Prinsipnya kami selalu memberikan yang terbaik pada gelara BRI Liga 1 2022/2023, termasuk trofi juara. Bentuk dan filosofinya berbeda dengan sebelumnya,” ujar Direktur Utama PT LIB, Ferry Paulus di laman resmi.

Baca Juga: Man City 3-1 Leicester, Guardiola: Lawan Arsenal Adalah Final!

Perubahan pada trofi baru mengandung beberapa filosofi, seperti pegangan kepala Garuda mempresentasikan burung Garuda untuk pegangan hidup yang dipercaya sebagai lambang kekuatan, kebajikan dan lambang negara Indonesia.

Kemudian emblem logo Liga 1 yang dikelilingi 24 batu Turquoise atau batu Pirus berarti kemenangan, serta body utama trofi berbentuk V shape yang bermakna memfokuskan karir dan pengembangan untuk tetap hidup dan tumbuh ke atas.

Laga PSM kontra Borneo FC sendiri mengalami perubahan jadwal. Sebelumnya kick off dijadwalkan akan terjadi pada pukul 20.30 WIB namun berubah menjadi 19.30 WIB.

Perayaan gelar juara tim Juku Eja sudah dinantikan oleh para suporter khususnya publik Makassar, mengingat hasil ini merupakan pencapaian bagi PSM setelah terakhir terjadi pada 23 tahun silam.

Editor
Komentar
Banner
Banner