Trend Makeup

Tren Douyin Makeup, Riasan Natural Merona Khas Asia Timur

Douyin merujuk pada aplikasi TikTok versi Tiongkok. Dan menghadirkan trend makeup yang fresh, natural dan feminime ala perempuan Asia Timur

Featured-Image
Tren Douyin Makeup, Riasan ala Asia Timur Dengan Tampilan Fresh dan Imut. Foto: kolase

bakabar.com, JAKARTA - Douyin merujuk pada aplikasi TikTok versi Tiongkok. Hal ini menghadirkan trend makeup yang fresh, natural dan feminim khas perempuan Asia Timur.

Trend makeup ini mulai viral melalui jejaring sosial TikTok, di mana banyak perempuan berparas Asia menitikberatkan riasan wajah mereka pada bagian mata, hidung dan pipi berwarna merah muda.

Seorang konten kreaor, Lewis Chia, kerap membuat video riasan Douyin yang viral.

"Riasan ini memiliki cara mempercantik wajah secara alami dan membuatnya lebih bersinar," katanya, dilansir Vogue Teen, Sabtu (7/10).

Baca Juga: Tren Dumpling Skin, Makeup dengan Hasil yang ‘Basah’ Berkilau

Jika pada tahun 90-an terkenal akan tampilan dengan warna coklat yang kalemserta alis yang diputihkan. Kali ini, riasan Douyin merupakan kebalikan dari hal tersebut.

"Riasan Douyin menampilkan kesan kelembutan dan salah satu tren makeup yang disenangi banyak perempuan," kata Makeup Artist, Taylour Chanel.

Apa itu Douyin Makeup?

Douyin Makeup - apahabar
Douyin Makeup. Foto: Pinterest

Riasan ini populer di Tiongkok dan mulai mendunia. Poin utama dalam tampilan ini menampilkan eyeshadow berkilau, blush on merah muda yang terang, dan menampilkan blurred lips atau kesan bibir halus.

Tren ini merupakan penerus tren kecantikan populer yang kita kenal dengan skin-minimaslist, yaitu mengutamakan tampilan makeup--no-makeup-look.

Baca Juga: Dewy Skin Makeup, Riasan Wajah Natural yang Clean dan Lembab

Douyin makeup berbeda dengan makeup khas Korea. Makeup Douyin menitik beratkan pada riasan mata dengan glitter dan bulu mata yang menonjol, berbeda dengan Korea yang lebih memainkan kesan simpel pada mata.

Teknik Pada Douyin Makeup

Riasan Douyin. Foto: Pinterest
Riasan Douyin. Foto: Pinterest

Untuk mendapatkan tampilan Douyin, hal yang diperlukan adalah base makeup dengan finish Dewy nan flawless untuk menampilkan hasil kulit yang sehat.

Tidak perlu memberikan complexion terlalu tebal, karena akan merusak riasan wajah.

Baca Juga: Apple Cheek Makeup ala K-Pop Idol, Tampilkan Hasil Segar dan Imut

Untuk kulit berminyak dapat menambahkan translucent powder di titik wajah yang mudah berminyak.

Anda juga dapat memberikan highliter pada titik wajah seperti tulang pipi, ujung hidung, dan dagu untuk menampilkan kesan kulit berkilau.

Riasan Mata Adalah Kunci Utama!

Riasan Mata pada Douyin Makeup. Foto: Pinterest
Riasan Mata pada Douyin Makeup. Foto: Pinterest

Sebelum memasuki riasan mata, menggambar alis pada makeup ini, warna yang digunakan haruslah alami dan sesuai warna alis.

Memberikan garis-garis tipis dan lurus mengikuti arah alis, dan kemudian rapihkan dengan menggunakan eyebrow brush.

Kunci utama dalam tampilan Douyin adalah glitter dan menitikkan pada riasan mata, maka dari itu riasan mata sangatlah penting.

Baca Juga: Glazed Makeup Eyeshadow, Tampilan Mata Berkilau yang Natural

Menggunakan riasan mata untuk makeup ini menggunakan warna-warna seperti merah, pink serta oranye.

"Hal utama dalam Douyin makeup adalah glitter, memberikan eyeshadow,eyeliner serta highliter yang bersinar," tutur Chia.

Glitter adalah satu produk yang dapat menambah dimensi pada wajah dengan memberikan tampilan halus dan seperti boneka.

Memberikan bulu mata dapat dilakukan untuk memberikan kesan mata yang tebal dan bersinar. Dalam riasan ini memiliki teknik sendiri dalam menampilkan riasan bulu mata, yaitu panjang dan tidak begitu melengkung.

Berikan Blush On Untuk Memaksimalkan Tampilan

Tren Douyin Makeup. Foto: Pinterest
Tren Douyin Makeup. Foto: Pinterest

Untuk perona pipi, Douyin makeup menampilkan tampilan merona yang kuat. Umumnya menempatkan blush on pada bagian atas pipi hingga mencapai bagian bawah mata, bahkan sampai ke bagian hidung.

Dengan memberikan warna merah atau pink akan memberikan kesan yang manis untuk hasil riasan.

Baca Juga: Pastel Makeup, Sentuhan Warna Soft untuk Kesan yang Fun dan Chic

Bibir Bervolume dan Berkilau

Teknik Riasan Bibir Douyin Makeup. Foto: Pinterest
Teknik Riasan Bibir Douyin Makeup. Foto: Pinterest

Riasan ini memnampilkan bibir bervolume dengan kesan sehat yang merona. Dengan membuat overline pada bibir bentuk oval di bagian tengah bibir. Kemudian membuat dimensi di bagian dalam.

Aplikasikan menggunakan concealer pada sudut luar bibir kanan dan kiri. Pastikan mengaplikasikan lip tint kemerahan atau senada dengan riasan mata ya, girls.

Sentuhan akhir, berikan lip gloss untuk menampilkan kesan bibir yang terlihat sehat dan tebal.

Baca Juga: Tren Grunge Makeup, Terinspirasi dari Rockstar Girlfriend Tahun 90an

Anda dapat menerapkan makeup ini untuk keseharian, karena hasilnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga menampilkan hasil yang cantik dan natural.

Tak hanya influencer, tren makeup ini juga digunakan pada idol Korea, China, Jepang dan Thailand, lho. Jadi tertarik mencoba Douyin Makeup ini?

Editor


Komentar
Banner
Banner