GIIAS 2023

Toyota Sukses Raih 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza-Veloz Paling Banyak

PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan total 5.796 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sepanjang perhelatan GIIAS 2023.

Featured-Image
Toyota Innova Zenix di GIIAS 2023. Foto: dok. TAM

bakabar.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) berhasil membukukan total 5.796 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sepanjang perhelatan GIIAS 2023 yang berlangsung pada 10-20 Agustus di ICE BSD City, Tangerang.

Selama 11 hari GIIAS 2023, Avanza-Veloz memimpin penjualan dengan SPK 1.213 unit (20,9%), sementara di tempat kedua diraih All New Kijang Innnova Zenix sebanyak 823 unit (14,2%) dengan komposisi varian Hybrid di atas 80 persen.

Kemudian posisi ketiga dilanjutkan oleh model low cost green car Calya 816 unit (14,1%) dan All New Agya 648 unit (11,2%), serta produk terbaru All New Alphard 382 unit (6,6%).

Baca Juga: Toyota Mulai Jual All New RAV4 GR Sport PHEV, Gratis Charging Dinding

Vice President TAM, Henry Tanoto mengatakan bahwa kehadiran beragam carbon neutral mobility solution dengan membawa formasi lengkap Electrified Vehicle (xEV) di GIIAS 2023, ternyata hasilnya melampaui ekspektasi dan berkontribusi besar pada penjualan.

"Melihat kepercayaan dan antusiasme pelanggan yang tinggi, kami berharap perekonomian nasional dan industri otomotif akan tumbuh semakin kuat ke depannya, sekaligus mempercepat langkah menuju masyarakat netralitas karbon," kata Henry Tanoto dalam keterangan resminya, Senin (21/8).

Pada GIIAS 2023, Toyota memperkenalkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap, mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), hingga Battery Electric Vehicle (BEV).

Disertai oleh program promo yang sesuai kebutuhan pelanggan, varian xEV mendominasi komposisi penjualan pada model-model yang memiliki opsi tipe dengan teknologi elektrifikasi.

Baca Juga: Kick-off di GIIAS 2023, Toyota Gelar Kontes Modifikasi Rangga Concept

Seperti All New Kijang Innova Zenix Hybrid mencatat SPK sebanyak 658 unit dengan komposisi 80 persen dibandingkan total penjualan model ini, lalu All New Alphard Hybrid 305 unit dengan komposisi 80 persen.

Kemudian All New Yaris Cross Hybrid 222 unit dengan komposisi 80 persen, Toyota BZ4X 5 unit, dan RAV4 PHEV GR Sport 3 unit.

Hasilnya, total SPK xEV Toyota sebanyak 1.255 unit atau 22 persen dari seluruh penjualan Toyota atau naik signifikan lebih dari 10 kali lipat dibanding GIIAS tahun lalu di angka 114 unit.

TAM juga melakukan pengembangan Flex-Fuel Technology untuk kendaraan Toyota dengan mesin pembakaran internal (ICE) yang saat ini masih menjadi pilihan utama masyarakat.

Baca Juga: Toyota Kenalkan Rangga Concept di GIIAS 2023, Pahlawan Niaga Indonesia

Corolla Cross Hybrid bersama Fortuner yang sudah 100 persen kompatibel dengan bahan bakar Bioetanol (E100), mengundang perhatian pengunjung main booth Toyota, bersama mobil konsep Corolla Cross yang sanggup menggunakan BBM hidrogen murni (H2).

Semua model ICE terbaru telah dirancang supaya dapat memakai bahan bakar Bioetanol (E10) dengan mudah tanpa perubahan apapun.

Secara berkelanjutan, Toyota mengajak pelanggan untuk memberikan kontribusi lebih besar guna mengurangi pemakaian bahan bakar fosil dan menekan emisi karbon dalam mobilitas sehari-hari.

Toyota Commercial

Berlanjut ke booth Toyota Commercial di Hall 3E ICE BSD City, Rangga Concept menjadi primadona pengunjung bermodalkan fleksibilitas untuk dikonversi sesuai kebutuhan pelaku usaha.

Commercial Concept Car yang mengusung DNA Toyota Kijang Pick Up ini, siap mendukung segala aktivitas bisnis mulai dari UMKM, corporate hingga public services, dengan menggunakan basis ladder frame IMV yang sudah teruji ketangguhannnya di berbagai model seperti Hilux & Fortuner.

Baca Juga: Toyota Perkenalkan Alphard Hybrid dan 2 Model Baru di GIIAS 2023

Meskipun belum ada versi produksi masal, Toyota mengklaim sedikitnya tidak kurang dari 200 pelanggan dari berbagai sektor bisnis menyatakan minat untuk menjadi pembeli pertama Rangga Concept, dan lebih banyak lagi yang tertarik kepada model commercial terbaru ini.

Toyota juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkolaborasi dalam pengembangan desain dengan mengikuti Toyota Rangga Concept Digimodz Contest di website www.ranggaconceptdigimodz.com berhadiah total Rp130 juta.

Penghargaan GIIAS 2023

Booth dan produk Toyota turut memperoleh berbagai penghargaan di antaranya sebagai booth terbaik untuk luas area lebih dari 2.000 m2, serta penobatan Rangga Concept sebagai Special Exhibit Commercial Vehicle.

Anton Jimmi Suwandy Marketing Director TAM mengatakan bahwa partisipasi Toyota di event GIIAS 2023 lebih dari sekadar memasarkan berbagai jenis kendaraan yang sanggup memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih luas.

Baca Juga: Toyota Indonesia Sumbang 56,2 Persen Ekspor Otomotif Nasional

Menurut dia, tidak hanya kendaraan yang lebih aman dan nyaman, namun juga ramah lingkungan sesuai visi masa depan yang berkelanjutan serta menyediakan layanan dan infrastruktur pendukung yang lengkap.

"Seperti fasilitas charging baterai BEV dan PHEV secara gratis yang telah ada di 30 outlet Toyota dan akan terus bertambah," tutur Anton.

Editor
Komentar
Banner
Banner