News

Tiba di Madinah, Seorang Calon Haji Khusus dari Indonesia Meninggal

apahabar.com, MEKKAH – Seorang calon haji khusus bernama Rochma Erviana Prastyawati meninggal dunia di Madinah, Selasa…

Featured-Image
Jemaah calon haji Indonesia akan naik ke bus untuk diantar ke hotel tempat menginap di Mekkah. Foto: Liputan6

bakabar.com, MEKKAH – Seorang calon haji khusus bernama Rochma Erviana Prastyawati meninggal dunia di Madinah, Selasa (22/6) malam Waktu Arab Saudi (WAS).

Wanita berusia 62 tahun tersebut merupakan jemaah PT Goenawan Era Wisata Tangerang yang berada di Tanah Suci sejak 18 Juni 2022.

Kejadian ini berlangsung di dalam bus, ketika Rochma berencana tur keliling Madinah bersama jemaah yang lain.

“Sebelum meninggal dunia pukul 08.15, Almarhum mengalami sesak napas sekitar pukul 07.40,” papar Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH, Mujib Roni, seperti dilansir Antara, Rabu (22/6).

Rochma lantas diturunkan dari bus dan dibawa ke kamar sembari diberikan bantuan oksigen, serta dilakukan pemberian obat.

Selanjutnya dilakukan resusitasi, tapi yang bersangkutan tidak tertolong. Sekitar pukul 08.15, ambulance emergency datang dan Rochma dinyatakan telah meninggal dunia.

“Setelah sertifikat kematian keluar, jenazah dibawa pukul 11.30 WAS untuk dilakukan pemakaman. Lalu pukul 12.00, Rochma dimakamkan di Pemakaman Uhud Madinah,” tandas Mujib Roni.

Rochma menambah daftar calon haji dari Indonesia yang meninggal di Tanah Suci menjadi 8 orang.

Sementara sebanyak 32.374 jamaah calon haji Indonesia dari 83 kelompok terbang sudah tiba di Mekkah. Sedangkan 19.427 jamaah lain dari 49 kloter masih berada di Madinah.

Selama berada di Madinah, mereka melaksanakan Arbain dan ziarah ke sejumlah tempat bersejarah seperti Masjid Nabawi, makam Rasulullah SAW dan Raudhah.

Sedangkan di Jeddah, masih terdapat 886 jamaah yang akan diberangkatkan ke Mekkah. Tercatat 54.176 jamaah sudah tiba dari total berangkat 56.528 orang.



Komentar
Banner
Banner