Borneo Hits

Sudah Lunasi Bipih, 455 Calon Haji Asal Banjar Siap Berangkat ke Tanah Suci

Seluruh jemaah haji asal Kabupaten Banjar sudah melunasi biaya haji tahun ini. Pemberangkatan jemaah haji Embarkasi Banjarmasin dimulai pada 12 Mei 2024.

Featured-Image
Jemaah haji Kalsel 2022 tiba di Bandara Syamsuddin Noor usai melaksanakan ibadah haji. Foto: bakabar.com/Hendra Lianor

bakabar.com, MARTAPURA - Seluruh jemaah haji asal Banjar sudah melunasi Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) 2024. Mereka pun siap berangkat dari Embarkasi Banjarmasin mulai 12 Mei mendatang.

Banjar sendiri mendapat kuota haji sebanyak 455 orang. Jumlah ini meningkat dibandingkan musim haji 2023 sebanyak 402 orang.

"Dari kouta yang tersedia, semuanya sudah melunasi biaya haji. Demikian pula 19 jemaah cadangan," papar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah (KHU) Kemenag Banjar, H Erfan Maulana, Jumat (19/4).

"19 jemaah tersebut sewaktu-waktu bisa berangkat, seandainya terjadi penambahan kouta atau menggantikan jemaah lain yang batal berangkat," imbuhnya.

Adapun proses persiapan keberangkatan jemaah haji berjalan lancar. Bahkan manasik massal sudah digelar 16 April 2024 lalu di Asrama Haji. Dilanjutkan manasik-manasik di kecamatan.

"Manasik di tingkat kecamatan diselenggarakan di delapan lokasi. Jumlah peserta manasik terbanyak di Martapura sejumlah 171 orang," jelas Erfan.

Sementara Kepala Kanwil Kemenag Kalimantan Selatan, H Muhammad Tambrin, menjelaskan Embarkasi Banjarmasin akan memberangkatkan sebanyak 5,759 jamaah haji.

Rinciannya 4.071 jemaah Kalsel, ditambah 1.688 jemaah dari Kalimantan Tengah. Mereka terbagi dalam 19 kloter dengan rincian 18 kloter utuh dan 1 kloter  yang tergabung bersama jemaah asal Sumatera Utara.

"Jemaah kloter 1 sudah masuk Asrama Haji sejak 11 Mei 2024. Mereka berangkat 12 Mei 2024 dari Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin menggunakan pesawat Garuda Airbus 330 berkapasitas 320 seat," jelas Tambrin.

Persiapan keberangkatan juga terus dilakukan. Di antaranya berkoordinasi dengan stakeholder penyelenggaraan ibadah haji seperti Pemprov Kalsel, Balai Kekarantinaan Kelas I Banjarmasin (BKK), Kemenkumham, Imigrasi, Beacukai, Garuda, Gapura Angkasa, Angkasa Pura, dan UPT Asrama Haji.

"Sementara tahapan yang sedang berjalan adalah penyelesaian dokumen jemaah haji untuk mendapatkan visa," tandas Tambrin.

"Di sisi lain, kami juga berharap agar jemaah menjaga kesehatan dengan rajin berolahraga dan menjaga pola makan yang sehat," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner