Kejurnas Slalom 2023

TGRI Sapu Bersih Podium Pertama Kejurnas Slalom 2023 di Sidoarjo

Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil menyapu bersih seluruh podium pertama MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 seri ke-2 di Sidoarjo.

Featured-Image
Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) menyapu bersih podium pertama MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 seri ke-2 di Sidoarjo. Foto: dok. TAM

bakabar.com, JAKARTA - Setelah meraih 5 gelar juara nasional pada seri ke-1 di Yogyakarta, Toyota Gazoo Racing Indonesia (TGRI) berhasil menyapu bersih seluruh podium pertama MLDSPOT Autokhana Kejurnas Slalom 2023 seri ke-2 di Sidoarjo, Jawa Timur, Sabtu (27/5).

Dengan Agya GR Sport, tim TGRI berhasil meraih lima podium pertama di Kejurnas A, Kejurnas F (Modifikasi), Kejurnas Team A, Kejurnas Team Tandem dan Kejuaraan Kelas A3 balapan slalom tersebut.

Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy mengatakan bahwa prestasi positif itu jelas tidak mudah didapatkan karena rival terus melakukan peningkatan performanya, dan tantangan setiap seri pasti berbeda.

"Semoga hasil positif ini dapat terus dipertahankan untuk mendukung upaya kami dalam mempertahankan gelar juara nasional di musim ini," kata Anton dalam keterangan tertulisnya, Senin (29/5).

Baca Juga: Punya TKDN 80 Persen, Intip Spesifikasi All New Toyota Yaris Cross

Berlaga pada malam hari dan track baru, memberikan kesempatan kepada teknisi tim TGRI untuk memaksimalkan segala aspek dari hatchback ini supaya sesuai dengan karakter track dan kebutuhan pebalap.

Di kelas A3 dengan peraturan kubikasi mesin 1.200cc standard, TGRI berhasil merebut podium pertama lewat Anjasara Wahyu dengan catatan waktu 01:29.552, disusul Adrianza Yunial pada posisi kedua dengan catatan waktu 01:29.818.

Raihan positif Anjas juga mengantarkannya menjadi yang tercepat pada Kejuaraan Nasional A, mengalahkan berbagai kompetitor dengan kubikasi mesin yang lebih tinggi.

Di Kelas F (Modifikasi), setelah berhasil mencatatkan namanya sebagai Juara Nasional 2022 lalu, Anjasara Wahyu terus mendapatkan perlawanan yang ketat dari tim lawan saat berlaga di Kelas F.

Baca Juga: Toyota Yaris Cross Melantai di Indonesia, Harga Mulai Rp300 Jutaan

Setelah saling mengejar waktu tercepat di dua heat lomba, Anjasara berhasil meraih podium pertama dengan catatan waktu tercepat 00:40.927.

Terakhir, kekompakan Adrianza dan Anjasara ditunjukkan dengan catatan waktu tercepat 01:28.342 sehingga menempatkan pasangan ini untuk kembali berada di podium pertama Kejurnas Tandem, yang menjaga peluang untuk mempertahankan gelar Juara Nasional.

Anjasara pun mengakuai bahwa Jujur, gelar juara yang didapatkan di seri ini tidak mudah diraih mengingat karakter track yang baru dan rival juga melakukan improvement.

Namun, semangat continuous improvement dari engineer tim TGRI untuk memaksimalkan Agya GR Sport, menjadikan mobil begitu powerful dan agile di lintasan balap untuk selalu berada di puncak performa pada setiap seri yang ikuti," jelasnya.

Baca Juga: Ekspor Mobil ke Australia, Toyota Berharap dapat Diterima Pasar

Sejak TGRI mengikuti beberapa balap mobil tingkat nasional tahun lalu, Agya GR Sport diandalkan di ajang touring dan slalom berkat basic performance-nya yang dapat diandalkan.

Dengan postur bodi yang kompak, Small Hatchback ini begitu lincah dan cekatan saat bermanuver di lintasan balap berkat sentuhan di area suspensi oleh engineer TGRI.

Kinerjanya diperkuat oleh mesin 1.200 cc 4 silinder Dual VVT-i dengan tenaga maksimal 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 Kgm pada 4.200 rpm yang kuat sejak putaran mesin rendah.

"Kemenangan kedua kami dari arena slalom nasional kian mengasah talenta pebalap TGRI untuk memberikan performa terbaik, sekaligus memacu engineer Toyota mengembangkan mobil balap," kata Direktur Marketing TAM, Fumitaka Kawashima.

Editor
Komentar
Banner
Banner