Manfaat Menangis

Ternyata Menangis Bisa Detoksifikasi Tubuh Lho!

Menangis merupakan reaksi manusia ketika merespon segala emosi, dan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai detoksifikasi.

Featured-Image
Manfaat Menangis Untuk Kesehatan. Foto: dok. perfectlens.ca

bakabar.com, JAKARTA - Menangis merupakan reaksi manusia ketika merespon segala emosi, dan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan sebagai detoksifikasi.

Menurut riset, menangis memiliki manfaat bagi tubuh dan pikiran seseorang, dan manfaat ini dimulai saat kita lahir di dunia dengan tangisan pertama sebagai seorang manusia.

Salah satu manfaat menangis adalah sebagai detoksifikasi tubuh, yaitu bagaimana tubuh kita melepaskan berbagai zat kimia dan bahkan racun metabolik melalui air mata.

"Air mata emosional yang berhubungan dengan mental dan air mata yang disebabkan kegiatan iritasi seperti polusi atau terkena irisan bawang memiliki kandungan kimiawi berbeda," ujar Dr William H. Frey II, ahli biokimia di St Paul-Ramsey Medical Center, Minnesota, Amerika Serikat, dilansir Hindustantimes.

Baca Juga: Kenali Hormon Bahagia dan Cara Aktivasinya, Demi Kesehatan Mental

Air mata emosional memiliki jumlah hormon prolaktin yang berbasis protein, hormon adrenokortikotropik, dan leucine enkephalin (obat penghilang rasa sakit alami) yang lebih tinggi.

Menangis secara emosional juga dapat membuat detoks pada hati dan perasaan, yang membuatnya menjadi tenang setelah mengeluarkan air mata tersebut.

Selain itu, menangis dapat membantu tubuh merasa lebih ringan dan segar, menurunkan stres, yang dapat berkaitan dengan masalah kesehatan, seperti menurunnya imun, penyakit jantung, hingga obesitas.

Jadi tak ada salahnya menangis ketika sedang merasa stres, sedih, atau dalam kondisi galau sebab apapun. Selain menenangkan dan melegakan psikis, Anda juga bisa merasakan manfaat detoksifikasi dari tangisan. 

Editor


Komentar
Banner
Banner