Hot Borneo

Tergiur Bisnis Sarang Walet, Warga Kotabaru Tertipu Ratusan Juta

Berlagak bak pebisnis sarang walet kawakan, seorang pria di Kotabaru berhasil menipu dan menguras uang korban hingga mencapai ratusan juta.

Featured-Image
Kapolres Kotabaru AKBP Tri Suhartanto dalam jumpa pers kasus penipuan dan penggelapan mobil, Selasa (27/6). Foto: apahabar.com/Masduki

bakabar.com, KOTABARU - Berlagak bak pebisnis sarang walet kawakan, seorang pria di Kotabaru berhasil menipu dan menguras uang korban hingga mencapai ratusan juta.

Awalnya pelaku berinisial RK (31) melalui seseorang yang mengaku sebagai bawahan, menawarkan sarang burung walet seberat 26 kilogram kepada seorang pria berinisial SS.

SS yang tercatat beralamat di Desa Pudi Seberang, Kecamatan Kelumpang Utara, tersebut langsung tergiur.

Terlebih warga Jalan Patmaraga, Kelurahan Kotabaru Tengah, Kecamatan Pulau Laut Sigam, tersebut menawarkan harga per kilogram sebesar Rp10 juta.

SS pun sepakat dan beberapa kali mentransfer uang hingga mencapai lebih dari Rp300 juta. Namun setelah uang semua dikirim, telepon RK dan sang anak buah tidak bisa dihubungi.

"Atas kejadian itu, SS mulai curiga dan langsung melapor ke Polres Kotabaru untuk ditindaklanjuti," papar Kapolres Kotabaru, AKBP Tri Suhartanto, dalam jumpa pers, Selasa (27/6).

"Selanjutnya berdasarkan keterangan dari sejumlah saksi, pelaku berhasil diamankan di Bandara Internasional Syamsudin Noor, Kamis (15/6) sekitar pukul 18.45 Wita," imbuhnya.

Baca Juga: Macan Bamega Sergap Maling Pembobol Gudang dan Gasak Uang Puluhan Juta

Dalam menangkap pelaku, Buser Macan Bamega Polres Kotabaru juga mendapat dukungan dari Unit Resmob Polres Banjarbaru.

"Berdasarkan pengakuan pelaku, uang ratusan juta milik korban tersebut digunakan untuk membayar utang dan keperluan sehari-hari," jelas Tri Suhartanto.

"Selain terlibat kasus penipuan, pelaku ternyata juga terlibat penggelapan sebuah mobil mewah milik keluarga sendiri," sambungnya.

Meski demikian, RK membantah telah melakukan penggelapan mobil, kendati sudah berbulan-bulan dibawa kabur.

"Sebenarnya saya sudah berniat mengembalikan mobil itu," papar RK ketika ditanya langsung oleh jurnalis.

Editor


Komentar
Banner
Banner