Nasional

Pengamanan Laut di Kotabaru, Kapal Patroli Senilai Rp4,5 Miliar Disiagakan

Menunjang kinerja pengamanan di laut dan kepulauan, Sat Polairud Polres Kotabaru dibekali kapal patroli baru.

Featured-Image
Menunjang kinerja pengamanan di laut dan kepulauan, Sat Polairud Polres Kotabaru dibekali kapal patroli baru.

bakabar.com, KOTABARU - Menunjang kinerja pengamanan di laut dan kepulauan, Sat Polairud Polres Kotabaru dibekali kapal patroli baru.

Tidak tanggung-tanggung, kapal patroli itu bernilai Rp4,5 miliar. Ini merupakan hibah langsung dari Pemkab Kotabaru melalui APBD Perubahan 2023.

"Kehadiran kapal patroli itu dipastikan bermanfaat dan menunjang tugas, mengingat kondisi geografis Kotabaru yang dikelilingi laut," papar Kapolres Kotabaru melalui Kasat Polairud AKP Koes Adi Sharma, Jumat (2/2).

Selain patroli rutin, pengamanan Pemilu 2024, jalur laut dan pulau, kapal tersebut bisa dipergunakan untuk menunjang SAR dan pelayanan langsung kepada masyarakat.

"Kapal sudah dapat difungsikan, setelah dilakukan serah terima antara Bupati Kotabaru dan Kapolda Kalsel di akhir Desember 2023," tambah Koes Adi.

Fasilitas yang tersedia dalam kapal di antaranya peralatan safety, pendingin ruangan, interior terbaru dan mampu menampung hingga 18 orang penumpang.

Kapal tersebut juga mampu melaju dengan kecepatan hingga 38 knot, karena ditunjang empat mesin berkekuatan 200 PK.

"Semoga kapal tersebut membawa manfaat besar, serta menunjang kinerja kami untuk merespons keluhan nelayan di laut dapat direspons dengan cepat dan akurat," tuturnya mengakhiri.

Editor
Komentar
Banner
Banner