LIFESTYLE

Tak Melulu Pertanian, IPB Peduli Budaya Nusantara Lewat Festival

IPB University menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara menampilkan sejumlah kesenian tradisional kepada masyarakat.

Featured-Image
Mahasiswa menampilkan tarian tradisional khas Kalimantan Barat dalam Festival Budaya Nusantara. Foto: apahabar.com/Gabid Hanafie

bakabar.com, BOGOR – IPB University menyelenggarakan Festival Budaya Nusantara menampilkan sejumlah kesenian tradisional kepada masyarakat di Alun-Alun Kota Bogor.

Selain menyajikan pertunjukkan seni, festival juga menampilkan sejumlah makanan khas tradisional. Mulai dari makanan khas Papua sampai dengan Aceh berjejer di lokasi dan bisa dinikmati masyarakat.

Salah seorang mahasiswa sekaligus Peserta Festival Budaya Nusantara, Dinda Nur Syafitri mengaku senang dengan adanya penyelenggaraan acara tersebut.

Baca Juga: IPB: Ruang Ekspresi Tidak Selalu soal Budaya Asing

Menurutnya festival tersebut dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan kepada masyarakat, kesenian tradisional yang berasal dari berbagai daerah.

“Festival ini bisa menjadi langkah awal yang diikuti oleh instasi lain untuk membantu tidak hanya memperkenalkan tapi juga melestarikan budaya tradisional,” ujarnya kepada bakabar.com, Minggu (21/5).

Dalam semarak kebudayaan dan tradisi yang diusung dalam festival tahunan ini, mengandung pesanbahwa IPB tidak hanya concern pada isu pertanian, melainkan terbuka bagi pemajuan budaya nusantara.

Baca Juga: Mengenali dan Menemukan Kekuatan Diri Lewat 5 Buku Self Improvement Ini

Hal itu disampaikan oleh oleh ketua pelaksana Festival Budaya Nusantara yang juga mahasiswa Sekolah Vokasi IPB, Tania.

“Festival itu tidak hanya untuk memperkenalkan budaya tradisional, namun secara tidak langsung menyampaikan kepada masyarakat bahwa kami (mahasiswa IPB) tidak hanya peduli soal pertanian,” jelasnya.

Dalam Festival Budaya Nusantara turut dihadiri oleh Walikota Bogor Bima Arya, Rektor IPB University Arif Satria, dan Dekan Sekolah Vokasi IPB Aceng Hidayat.

Editor
Komentar
Banner
Banner