News

STB Uniska Segera Suguhkan ‘Opera Kecoa’ di Bakula 2

Kegiatan ini rencananya digelar pada 13 - 14 Juli 2024 mendatang, bertempat di gedung pementasan Balairung Sari, UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel).

Featured-Image
UKM STB Uniska MAB bakal mementaskan Opera Kecoa Bagian 1 di Balairung Sari, UPTD Taman Budaya Kalsel. Foto: STB Uniska

bakabar.com, BANJARMASIN - Setelah sukses menggelar Festival Monolog Mahasiswa Nasional (STIGMA) 6 pada Agustus 2023 lalu, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Sanggar Titian Barantai (STB) Universitas Islam Kalimantan (Uniska) Muhammad Arsyad Al Banjary (MAB) kembali melaksanakan kegiatannya.

Kali ini, UKM yang bergerak di bidang kesenian dan pelestarian budaya ini rencananya bakal melaksanakan kegiatan BAKULA 2. Singkatan dari Bakumpulan Keluarga 2. 

Kegiatan ini rencananya digelar pada 13 - 14 Juli 2024 mendatang, bertempat di gedung pementasan Balairung Sari, UPTD Taman Budaya Kalimantan Selatan (Kalsel).

“BAKULA 2 akan segera diselenggarakan STB Uniska. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 13-14 Juli 2024 di Balairung Sari, UPTD Taman Budaya Kalsel,” ujar Ketua Umum STB Uniska, Riko Fakhrurrozi, Rabu (19/6).

Paling menarik, dalam rangkaian BAKULA 2 ini kata Riko, STB Uniska bakal menyuguhkan sebuah lakon berjudul Opera Kecoa Bagian 1, karya penulis naskah kenamaan Nano Riantiarno.

Riko bilang, lakon Opera Kecoa ini merupakan salah satu suguhan utama dalam kegiatan BAKULA 2. Adapun anggota STB yang terlibat dalam kegiatan itu mencapai 100 prang.

“Untuk naskah yang dibawakan ialah Opera Kecoa Bagian satu karya N. Riantiarno,” beber Mahasiswa Fakultas Hukum itu.

Ada sekitar 30 aktor dan aktris yang dilibatkan dalam pementasan Lakon Opera Kecoa Bagian 1 yang digarap STB Uniska: Foto: STB Uniska
Ada sekitar 30 aktor dan aktris yang dilibatkan dalam pementasan Lakon Opera Kecoa Bagian 1 yang digarap STB Uniska: Foto: STB Uniska

Lebih rinci Riko menjelaskan, ada sekitar 30 aktor dan aktris yang terlibat dalam pementasan tersebut. Semuanya merupakan anggota STB Uniska. Kemudian ada sekitar 90 anggota lainnya yang tergabung dalam tim produksi dan kepanitiaan kegiatan. 

“Kegiatan ini juga diawasi penuh oleh pembina STB Uniska, Ibu Hj Farida Yulianti,” ucapnya.

Disisi lain, Riko menjelaskan bahwa BAKULA 2 merupakan salah satu proses kaderisasi bagi seluruh anggota STB Uniska. Tak kalah penting juga guna menjalin silaturahmi antar anggota.

Adapun tujuan diadakannya kegiatan tersebut kata Riko, sebagai sarana untuk meningkatkan kreativitas dalam berkarya maupun berkesenian bagi anggota STB.

“Untuk yang diangkat "Berkarya Sepenuh Hati" maknanya diharapkan setiap individu khususnya anggota STB dapat memberikan yang terbaik dalam setiap tindakan dan karya mereka,” imbuh mahasiswa semester 6 ini.

Lebih lanjut dikatakan Riko, dengan dedikasi, passion bahkan kualitas karya yang dihasilkan, nantinya tak hanya akan bermakna pada diri sendiri, tapi juga memberikan dampak positif bagi orang lain dan lingkungan sekitar. 

Melalui kegiatan tersebut, Riko juga berharap semakin banyak individu yang terinspirasi dalam berkarya dengan sepenuh hati dan memberikan kontribusi terbaiknya.

“Jadi bagi kawan-kawan yang bingung diluar sana dan ingin tahu dengan pementasan kami bisa cek postingan di instagram @stbuniskabjm agar tidak ketinggalan berita mengenai pementasan yang kami bawakan. Dan untuk tiket beserta merchandise bisa juga kalian dapatkan,” pungkas Riko.

Editor
Komentar
Banner
Banner