Kasus Tabrak Lari

Soal Kecelakaan UI dan Cianjur, Pakar Safety: Akibat Gagal Antisipasi

Baru-baru ini terjadi dua kecelakaan yang melibatkan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan mahasiswi di Cianjur.

Featured-Image
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas yang menyebabkan korban jiwa. Foto: Liputan6

bakabar.com, JAKARTA - Baru-baru ini terjadi dua kecelakaan yang melibatkan mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dan mahasiswi di Cianjur.

Terlepas dari siapa yang benar dan salah, kejadian nahas tersebut disinyalir akibat kesalahan manusia (human error) di mana kedua pihak gagal mengantisipasi kecelakaan yang merenggut nyawa penerus bangsa.

"Berdasarkan sudut pandang safety (keamanan), kedua kecelakaan, mutlak karena gagalnya kedua belah pihak untuk mengantisipasi kecelakaan tersebut," ujar Pendiri Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting, Jusri Pulubuhu kepada bakabar.com, Selasa (31/1).

Menurutnya kondisi kegagalan mengantisipasi kecelakaan itu merupakan hal yang umum di Indonesia sehingga menjadi penyebab tingginya angka kecelakaan yang ada.

"Seperti kita lihat dari kasus ini, berdasarkan kronologi yang disampaikan pihak polisi, si pengendara motor harus bermanuver karena ada sesuatu di depan pengendara," ungkapnya.

Baca Juga: Grup Toyota Raih Penjualan Teratas secara Global pada 2022

Baca Juga: Kompolnas Pertanyakan Kejanggalan Kematian Hasya, Jasad Dibiarkan Terkapar

Lebih lanjut, ia menjelaskan akibat manuver tersebut, pengendara kehilangan kendali dan terjatuh, lalu terlindas mobil pensiunan polisi berpangkat AKBP tersebut.

"Karena gagal mengantisipasi kondisi yang ada, sehingga dia harus bermanuver tiba-tiba. Seharusnya indikasi pengemudi yang antisipatif, mereka tidak akan pernah melakukan pengereman mendadak," katanya menjelaskan akar masalah itu.

Begitu pula dengan pengemudi mobil yang disebutnya juga gagal mengantisipasi kondisi yang ada di depannya.

"Karena dia melihat bahwa ada sepeda motor di jalur lawan, bukan di jalurnya, dia (pengemudi mobil) berpikir itu (kondisinya) aman," imbuhnya.

Baca Juga: Catat! Ini Kriteria Subsidi Konversi Motor Listrik

Faktanya karena manuver tiba-tiba tersebut, motor itu jadi berada di jalan bersebrangan sehingga kecelakaan itu terjadi meski mobil dalam berada di kondisi yang sedang berjalan pelan.

"Mindset pengemudi mobil saat itu berada dalam kondisi aman dan nyaman, karena tidak ada kendaraan di depannya," tegas Jusri.

Ia mengatakan dalam konsep safety, pengemudi tidak boleh berpikir salah atau benar karena hal tersebut bukan domain atau haknya untuk menilai.

"Fokusnya hanya bagaimana dia berkendara secara aman dan selamat sampai tujuan," tandasnya.

HALAMAN
12
Editor
Komentar
Banner
Banner