Wajib Lakukan Olahraga

Sibuk? Wajib Lakukan Olahraga agar Hidup Tetap Sehat!

Sibuk bukan alasan untuk tidak olahraga dan melakukan pola hidup sehat. Lakukan aktivitas ini agar badan tetap sehat.

Featured-Image
Ilustrasi Olahraga disaat Sibuk. Foto: Dok. Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Sibuk bukan alasan untuk tidak olahraga dan melakukan pola hidup sehat. Lakukan aktivitas ini agar badan tetap sehat, walau di tengah kesibukan

Sering kali kita bicara sibuk untuk melakukan olahraga, padahal melakukan pola hidup sehat sangat penting. Selain meregangkan otot yang tegang, aktifitas ini bagus untuk tubuh. Disela-sela aktivitas sibuk, kita dapat melakukan aktivitas agar tidak lemas dan tubuh tetap bugar. Ini cara yang bisa Anda tiru agar tetap bisa berolahraga setiap hari:

Lakukan di saat malam hari

Salah satu kegiatan yang bisa kita curi untuk melakukan olahraga adalah disaat malam hari, walau badan terasa lelah setelah beraktivitas, namun ada baiknya sebelum beralih ke tempat tidur, biasakan untuk melakukan peregangan badan dan olahraga ringan.

Baca Juga: Rahasia Hidup Sehat dan Hemat dengan Bercocok Tanam Hidroponik

Beberapa tips untuk melakukan olahraga disaat sibuk

Ilustrasi Berolahraga saat sibuk. Foto: dok. freepik
Ilustrasi Berolahraga saat sibuk. Foto: dok. freepik

Pagi hari sebelum matahari terbit

Tidak ada alasan untuk tidak berolahraga, jika kita tidak memiliki waktu di malam hari, gunakan waktu olahraga di pagi hari.

Pagi hari adalah waktu yang sempurna untuk berolahraga, jalan pagi sebelum matahari terbenam adalah salah satu cara untuk memulai hari dengan cara yang positif. Kita dapat menikmati udara yang segar dan ketenangan ketika berolahraga saat pagi hari.

Lakukan disela-sela waktu istirahat

Selain makan siang atau manikmati kopi, ada baiknya untuk menghabiskan waktu istirahat dengan berolahraga ringan. Selain dapat mengolah waktu dengan baik, tubuh akan terasa lebih sehat dengan melakukan aktivitas fisik.

Baca Juga: Ginjal Transplantasi Bisa Sehat di Tubuh Baru Asal Bisa Merawatnya

Lakukan dengan durasi yang sebentar

Karena sibuk dengan waktu bekerja, ada baiknya kita menyempatkan waktu satu hingga tiga menit untuk melakukan olahraga, selain untuk meregangkan otot yang lelah, kegiatan ini dapat membantu untuk menyegarkan pikiran yang jenuh.

Gerakan olahraga untuk kaum super sibuk

Ilustrasi contoh olahraga saat sibuk. Foto: dok. freepik
Ilustrasi contoh olahraga saat sibuk. Foto: dok. freepik

Jika sebelumnya membahas tentang waktu untuk melakukan olahraga, jika sudah menentukan waktu yang tepat untuk berolahraga, beberapa referensi gerakan ini dapat dilakukan oleh kaum super sibuk untuk berolahraga ringan.

Peregangan betis (Calf stretch)

Dilansir healthline, aktivitas ini dapat dilakukan untuk melemaskan otot betis yang tegang dan menyehatkan peredaran darah.

Cara melakukan ini adalah dengan menggunakan bangku atau tembok. Berdiri dengan tangan bersandar pada kursi atau tembok tersebut, meletakan satu kaki untuk lurus ke belakang, dan bagian lain sedikit ditekuk. Gerakan kaki beserta badan ke depan dan belakang, lakukan secara perlahan, tahan selama 30 detik, lakukan berulang selama beberapa menit.

Leg swings

Peregangan satu ini sangat mudah dilakukan, manfaat dari gerakan ini adalah meregangkan otot kaki, pinggul dan tangan.

Adapun caranya adalah dengan berdiri dengan tegap, meregangkan satu kaki ke kanan dan ke kiri, lakukan hal serupa dengan bagian lain. Kegiatan ini dapat dilakukan selama beberapa menit disela aktifitas.

Squats

Squat merupakan salah satu kegiatan olahraga yang mudah dilakukan, gerakan ini menggerakan badan bagian bawah seperti pinggul dan kaki.

Baca Juga: Ginjal Transplantasi Bisa Sehat di Tubuh Baru Asal Bisa Merawatnya

Dilansir healthline, beberapa manfaat yang dirasakan setelah squats adalah mencegah cedera pada kaki, membakar kalori dan menguatkan otot kaki.

Berjalan kaki

Banyak pakar yang menyarankan untuk melakukan 10.000 langkah perhari untuk seorang dewasa, namun pada faktanya hal tersebut cukup sulit dilakukan.

Dilansir dari reidhealth, melakukan jalan kaki selama 10 menit saja sudah memiliki banyak manfaat, diantaranya menyehatkan jantung, mengurangi nyeri sendi, hingga mengontrol berat badan.

Zumba

Kegiatan menyenangkan ini memiliki banyak manfaat, selain menghibur dengan lagu-lagu yang diberikan, gerakan pada aktifitas ini membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat dan kalori.

Gerakan Zumba juga diyakini dapat menyeimbangkan berat badan, membakar lemak, meregangkan otot tubuh dan membuat pernapasan lancar.

Sempatkan waktu selama sepuluh menit untuk melakukan kegiatan Zumba ini, dapat melakukannya di ruangan kantor atau rumah, dengan menggunakan laptop, televisi ataupun handphone.

Itulah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk kaum super sibuk, kegiatan ini dapat dilakukan sebelum dan sesudah aktifitas, atau bisa mencuri waktu disela-sela kesibukan.

Editor
Komentar
Banner
Banner