LIFESTYLE

Rahasia Hidup Sehat dan Hemat dengan Bercocok Tanam Hidroponik

Bercocok tanam hidroponik bisa menjadi solusi yang tepat khususnya bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan.

Featured-Image
Metode bercocok tanam hidroponik (Foto: dok. Tirto.Id)

bakabar.com, JAKARTA - Menerapkan pola hidup sehat sudah menjadi kebutuhan penting, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan.

Olahraga yang teratur diimbangi dengan mengkonsumsi buah-buahan serta sayuran yang dapat mencukupi nutrisi tubuh.

Bercocok tanam hidroponik bisa menjadi solusi yang tepat khususnya bagi Anda yang tinggal di wilayah perkotaan yang padat penduduk, karena metode ini tidak membutuhkan lahan yang luas.

Metode hidroponik adalah metode bercocok tanam dengan menggunakan air tanpa tanah. Jenis-jenis hidroponik di bagi menjadi 3 yaitu:

Wick System

Metode ini merupakan salah satu cara menerapkan pola tanam hidroponik yang paling mudah dan sederhana.

Tanaman akan ditempatkan pada wadah yang diletakkan pada tempat penyimpanan air.

Wadah tersebut sebelumnya sudah diisi nutrisi seperti pupuk. Metode ini bisa dibuat dengan mudah hanya menggunakan tali dan wadah yang terbuat dari plastik.

Deep Flow Technique

DFT adalah sistem tanam yang menggunakan genangan pada instalasi dan menggunakan sirkulasi dengan aliran yang pelan.

Sistem ini juga menggunakan listrik sebagai penggerak pompa agar dapat mudah mensirkulasi nutrisi ke seluruh akar tanaman.

Rakit Apung

Bercocok tanam dengan metode ini menjadi salah satu teknik budi daya tanaman dengan cara menanam tanaman pada lubang sterofoam yang mengapung di atas permukaan larutan nutrisi dalam wadah penampung. Metode ini sering digunakan di Australia

Selain bisa menjadi menghemat lahan, mengelola tanaman dengan metode hidroponik memiliki banyak manfaat, diantaranya:

1. Mencegah dari penyakit

Tanaman yang dikelola dalam metode hidroponik dapat mengurangi resiko terkena hama dari penyakit pada tanah, karena di dalam tanah terdapat mikroorganisme dan serangga yang dapat membawa penyakit pada tumbuhan.

Maka dari itu sistem hidroponik diklaim lebih sehat karena hanya menggunakan air sebagai media untuk pertumbuhan tanaman 

2. Membantu menyehatkan lingkungan

Kondisi lingkungan perkotaan cenderung padat dan berpolusi. Salah satu cara termudah untuk mengatasinya dengan mengelola tanaman menggunakan sistem hidroponik dirumah.

Semakin banyaknya tanaman dengan sistem hidroponik, semakin bertambah nya juga kadar oksigen pada lingkungan yang akan membuat kondisi sekitar menjadi lebih sehat.

3. Hidroponik lebih menghemat air

Jika anda menanam tanaman dengan media tanah, tentunya akan membutuhkan banyak air untuk menyirami agar tanaman tersebut dapat tumbuh.

Berbeda halnya jika Anda mengelola tanaman menggunakan sistem hidroponik ini, dikarenakan hanya membutuhkan air secukupnya saja sesuai wadah yang digunakan.

4. Tidak membutuhkan pestisida

Alasan selanjutnya yang membuktikan bahwa menanam tanaman dengan sistem ini lebih sehat dikarenakan tidak membutuhkan zat kimia atau pestisida untuk proses pertumbuhan.

Selain menggunakan air dan penyaringan, tanaman ini menggunakan bibit serta nutrisi dari jenis buah atau sayur yang ditanam.

Editor
Komentar
Banner
Banner