Resolusi 2024

Resolusi 2024: Yuk Jadikan Diri Lebih Sehat dan Glowing

Memulai tahun 2024 dengan resolusi baru, menjadikan tubuh kuat dan membuat kulit lebih sehat.

Featured-Image
Resolusi Tahun 2024, Menjadikan Tubuh Kuat dan Kulit yang Lebih Sehat. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Memulai tahun 2024 dengan resolusi baru, menjadikan tubuh kuat dan kulit yang sehat.

Resolusi menjadi hal yang kerap dilakukan untuk sambut awal tahun dengan penuh semangat dan lebih terarah menjadi lebih baik. Hal-hal kecil ini dapat dilakukan sebagai awalan menyambut tahun baru yang lebih sehat.

Melansir Good House Keeping, Senin (1/1), berikut resolusi yang bisa Anda capai dan menjadikan tahun 2024 lebih terarah.

Perbanyak Minum Air Putih

Minum air putih
Konsumsi air putih yang cukup bisa mencegah risiko penyakit kronis dan mencegah penuaan dini. Foto: Alodokter.

Menjaga diri agar tetap terhidrasi sangat penting, terutama jika Anda hanya tidur kurang dari enam jam, untuk menghindari risiko dehidrasi dan terganggunya hormon dalam mengatur konservasi air dalam tubuh.

Air juga dapat menjaga kinerja organ, terutama ginjal tetap bekerja dengan baik, sehingga sangat penting untuk mempertahankan suhu tubuh, persendian hingga melembapkan kulit.

Jadi, pastikan minum banyak air untuk memiliki hidup lebih berkualitas di tahun 2024.

Perbanyak Mengonsumsi Sayur

Ilustrasi Foto Sayuran Hijau - apahabar
Ilustrasi Foto Sayuran Hijau. Foto: istockphoto

Tak cuma dikonsumsi oleh orang yang diet, mengonsumsi sayur adalah hal wajib yang harus direalisasikan tahun 2024.

Sayuran kaya serat sangat penting guna kesehatan jantung dan pembulu darah yang kuat. Tak hanya itu, sayuran juga dapat menyehatkan usus dan memperlancar pencernaan di tubuh.

"Pola makan yang menyehatkan jantung menekankan pada produk berimbang dari biji-bijian kaya serat, ikan, kacang-kacangan, polong-polongan, dan protein tanpa lemak," kata Stefani Sassos, direktur Lab Nutrisi Good Housekeeping Institute, dikutip Senin (1/1).

Mengonsumsi Buah Lebih Banyak

buah beri
Antosianin merupakan janis flavonoid dalam buah-buah beri. Foto: denismart/istock photo

Buah menjadi satu jenis makanan sehat yang harus direalisasikan tahun ini. Buah diketahui memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin yang diperlukan tubuh.

Vitamin C menjadi satu nutrisi yang diperlukan dalam menjaga daya tahan tubuh, dan juga menjaga kulit tampak lebih sehat yang membantu produksi kolagen.

Tak hanya vitamin C, buah-buahan juga banyak mengandung nutrisi seperti vitamin, mineral dan serta yang guna menjaga tubuh lebih sehat.

Berkomitmen pada Rutinitas Tidur yang Sehat

Sedang Tidur
Ilustrasi Tidur nyenyak. Foto: arenaliga

Banyak studi menemukan masalah saat kurangnya waktu tidur di malam hari. Membuat rencana guna meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur yang baik dapat membuat hidup menjadi lebih optimal kedepannya.

Mendapatkan tidur nyenyak akan berguna bagi kinerja otak dan ritme sirkadian dalam tubuh agar mendapatkan keseharian lebih produktif.

Rutin Berjalan Kaki

Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan - bakabar.com
Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Foto: dok. news.sky

Memulai aktivitas fisik sederhana seperti berjalan kaki memiliki manfaat bagi tubuh. Orang dewasa harus menghabiskan waktu untuk berjalan kaki sebanyak mungkin guna menjadikan tubuh lebih sehat di masa tua.

Tidak hanya sehat bagi tubuh, berjalan kaki juga membantu proses diet, memperbaiki mood dan mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Mulai Rajin Berolahraga

olahraga
Squat menjadi salah satu resistance training. Foto: kovaciclea/istock photo

Anda dapat membuat resolusi tahun ini untuk mulai berolahraga agar lebih sehat. Gak cuma berjalan kaki, Anda dapat mengusahakan untuk memulai berolahraga ringan seperti mengangkat beban, aerobik atau kardio.

Satu set dumbel dapat membantu Anda dalam berolahraga, dan membantu meningkatkan stamina tubuh serta membentuk otot.

Mengurangi Makanan Manis dan Olahan

Ilustrasi Stop Konsumsi Gula atau Makanan Manis - apahabar
Ilustrasi Stop Konsumsi Gula atau Makanan Manis. Foto: Shutter Stock

Makanan manis memang memanjakan lidah, tapi berdampak buruk bagi tubuh jika terlalu banyak mengonsumsinya.

Mengurangi makanan manis dapat menjadikan resolusi tahun 2024 agar lebih sehat dan bugar. Diketahui makanan manis dan olahan dapat berisiko terhadap penambahan berat badan yang menyebabkan risiko penyakit diabetes dan kesehatan jantung.

Gak cuma itu, makanan manis juga menjadi pemicu jerawat pada kulit, naiknya kadar gula darah dan insulit meningkatkan produksi hormon androgen yang menyebabkan kulit meradang sebagai cikal bakal jerawat.

Mulai Menggunakan Skincare yang Cocok di Kulit

Ilustrasi penggunaan skincare
Ilustrasi penggunaan skincare. Foto: popmama

Perawatan kulit sangat dibutuhkan baik tak hanya untuk perempuan tapi juga laki-laki. Dengan menggunakan produk perawatan kulit yang cocok, akan membuat kulit lebih sehat dan glowing.

Memulai 2024 dengan memulai merawat kulit sebagian dari rutinitas dapat dilakukan untuk memberikan kualitas hidup yang lebih baik.

Sebagai awal tahun, gak ada salahnya untuk memulai hidup sehat untuk bikin suasana baru yang lebih menyenangkan.

Editor


Komentar
Banner
Banner