LIFESTYLE

8 Kebiasaan Baik untuk Hidup Sehat dan Panjang Umur

Hidup sehat dan panjang umur pasti jadi keinginan banyak orang. Ada 8 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk panjang umur dan sehat.

Featured-Image
Aktif bergerak dan berolahraga bisa memperpanjang hidup Anda. Foto: Tokopedia.

bakabar.com, JAKARTA - Hidup sehat dan panjang umur sehat pasti jadi keinginan banyak orang. Ada 8 kebiasaan yang bisa dilakukan untuk panjang umur dan sehat.

Dikutip dari healthline, menuju kehidupan yang sehat dan panjang umur tak didapat dengan cara instan. Ada proses yang harus dilakukan untuk mendapatkan kondisi tersebut. Jika dimulai sejak usia muda, dampaknya akan lebih lama.

Menurut sebuah studi baru yang akan dipresentasikan di NUTRITION 2023, yang diadakan antara 22 dan 25 Juli di Boston, ada delapan kebiasaan gaya hidup sehat yang dapat membantu memperpanjang hidup selama beberapa waktu.

Kebiasaan tersebut antara lain:

1. Tidak merokok
Sudah banyak penelitian yang menyatakan, merokok berdampak buruk pada kesehatan. Umumnya para perokok tak bisa hidup jauh lebih lama karena dampak kesehatan dari rokok yang mereka konsumsi,

2. Aktif secar fisik
Fisik yang aktif akan membuat Anda selalu bugar. Dan itu juga berpengaruh pada regenerasi sel-sel di dalam tubuh. Jadi pastikan Anda selalu aktif secara fisik, banyak bergerak dan jauhi bermalasan.

3. Tidur yang baik dan cukup
Tidur yang baik di sini adalah tidur cukup antara 6 sampai 8 jam, dan tidurlah dengan nyenyak di pagi hari. Kondisi ini akan membuat tubuh Anda bugar dan kualita fisik meningkat.

4. Makan makanan sehat
Makan makanan sehat artinya memperbanyak sayur dan buah segar. Hindari makanan olahan, makanan dengan kandungan gula yang tinggi atau makanan dengan proses yang tidak sehat. Makan makanan sehat membantu Anda menjaga tubuh agar tak mudah terpapar penyakit degeneratif.

5. Atasi stres
Stres akan selalu Anda alami dengan berbagai alasan. Stres tak bisa dihindari, tapi pastikan Anda bisa mengelola stres yang Anda alami. Bergerak mencari solusi dan melakukan sesuatu yang menyenangkan untuk membuat stres yang Anda alami tak menjadi berpanjangan. Stres yang berpanjangan berpotensi mendatangkan penyakit ke tubuh Anda.

6. Terlibat dalam hubungan sosial yang positif
Bergaul dan berteman bisa Anda lakukan. Tapi pastikan Anda memiliki lingkungan pergaulan yang sehat. Hindari lingkungan yang toxic karena bisa berpengaruh pada kondisi psikis Anda.

7. Hindari Alkohol
Mereka yang menghindari alkohol akan mendapatkan kehidupan yang lebih sehat. Sedangkan mereka yang terpengaruh, apalagi sampai kecanduan alkohol akan berdampak pada kesehatan fisik dan mentalnya.

8. Jauhi Narkotika dan obat-obatan terlarang
Menjauhi narkotika dan obat-obatan terlarang sangat direkomendasikan, bahkan sebaiknya dihindari. Penggunaan narkotika dan obat terlarang merusak bukan saja organ tubuh yang berdampak ke fisik, tapi juga bisa merusak mental seseorang.

Hasil dari penelitian yang disampaikan Healthline, orang yang melakukan kebiasaan ini pada usia paruh baya mungkin hidup lebih lama secara signifikan daripada mereka yang tidak melakukannya.

Pria yang mengikuti delapan faktor gaya hidup pada usia 40 bisa hidup hingga 24 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak menerapkan kebiasaan sehat ini. Sementara perempuan yang menerapkan 8 gaya hidup tersebut bisa memperpanjang hidupnya hingga 22,6 tahun ke depan.

Mereka menyatakan bahwa jika melakukan salah satu dari delapan kebiasaan tersebut dapat membantu mengurangi risiko kematian dini. Namun, jika digabungkan, efek pada umur panjang menjadi berlipat ganda.

Direktur Medis, Kardiologis, dan Pendidikan di Pritikin Longevity Centre Amerika Serikat mengatakan, "sebagai seorang dokter pencegahan penyakit jantung, saya sangat percaya bahwa melakukan hal-hal tersebut secara komprehensif adalah pondasi untuk mencegah datangnya penyakit kronis seperti gagal jantung, kanker, diabetes, dementia, dan sejenisnya."

Editor


Komentar
Banner
Banner