Hidup Dengan Satu Ginjal

Hidup dengan Satu Ginjal? Dokter Jamin Tetap Bisa Hidup Sehat

Setiap manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi untuk menopang kesehatan tubuh. Bagaimana menjaga hidup dengan satu ginjal?

Featured-Image
ilustrasi satu ginjal untuk kehidupan manuasia. Foto: unomat/istock photo

bakabar.com, JAKARTA –  Setiap manusia memiliki dua ginjal yang berfungsi untuk menopang kesehatan tubuh. Bagaimana menjaga hidup dengan satu ginjal?

Hidup dengan satu ginjal adalah mungkin dan cukup umum. Sebagian besar orang yang dilahirkan dengan hanya satu ginjal (kelainan bawaan) atau yang telah menjalani transplantasi ginjal dan mengalami pembuangan ginjal lainnya, bisa hidup normal dengan ginjal tunggal.

Selain itu, sebagian besar donor hidup dalam transplantasi ginjal juga memiliki satu ginjal dan dapat hidup sehat tanpa masalah kesehatan yang signifikan.

Kemungkinan manusia bisa hidup sehat hanya dengan satu ginjal itu dibahas khusus dalam acara diskusi media yang diadakan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) secara daring pada Rabu (26/7) kemungkinan manusia hidup dengan satu ginjal dibahas mendalam. 

“Orang dengan donor yang sehat, kita jamin dia bisa hidup sehat dengan satu ginjal. Secara alamiah, kerja ginjal secara normal itu hanya sekitar 20 persen sehari-hari. Jadi kalau ginjal itu ada dua, kita ambil satu kan jadi 50 persen. Dengan itu orang bisa hidup normal,” ucap DR Dr Maruhum Bonar Hasiholan Marbun, Sp.PD, KGH, dalam diskusi dengan tema "Proses Transplantasi Ginjal Secara Medis" pada Rabu (26/7).

Melansir dari Advanced Urology, satu ginjal yang sehat mampu menyaring kelebihan limbah dan cairan dari tubuh seseorang. Dialisis adalah proses yang biasanya digunakan ketika ginjal memiliki fungsi kurang dari 15 persen.

Dialisis memompa darah melalui mesin untuk menyaring limbah dan kelebihan air dan kemudian mengembalikan darah ke tubuh manusia.

“Kinerja kedua ginjal sebesar 50 persen dengan waktu tertentu bisa mengalami kompensasi, bisa naik ke 60 persen, 70 persen, 80 persen atau hingga 100 persen, ada kompensasi namanya, jadi orang bisa hidup dengan satu ginjal,” ujar Dr Bonar Marbun menambahkan. 

Seseorang dengan satu ginjal yang sehat dan tidak memiliki masalah kesehatan lainnya biasanya dapat menjalani kehidupan yang normal tanpa batasan khusus.

Namun, penting untuk memahami kondisi, mematuhi saran dan petunjuk medis, serta memperhatikan kesehatan ginjal secara rutin untuk mencegah masalah kesehatan potensial di masa depan.

Editor


Komentar
Banner
Banner