Gaya Hidup Sehat

Bolehkah Mengonsumsi Jus Buah Setiap Hari?

Jus Buah adalah minuman yang enak, segar, dan favorit banyak orang. Amankah minum jus buah setiap hari?

Featured-Image
Mengkonsumsi jus buah setiap hari. Foto: stefanamer/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Jus Buah adalah minuman yang lezat, segar, dan favorit banyak orang. Amankah minum jus buah setiap hari?

Sebagian orang mungkin percaya bahwa jus buah kurang sehat dibandingkan dengan buah utuh karena kandungan gula yang lebih tinggi, jumlah kalori yang lebih banyak, dan serat yang lebih sedikit.

Seiring waktu, hal ini dapat mengurangi rasa kenyang dari minuman ini dan berkontribusi pada penambahan berat badan serta risiko obesitas.

Namun, penelitian lain mengindikasikan bahwa mengonsumsi jus secara teratur dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan dan dapat diintegrasikan ke dalam pola makan yang seimbang.

Mengkonsumsi jus harus dalam batas wajar. Foto: Foxys_forest_manufacture/istock photo
Mengkonsumsi jus harus dalam batas wajar. Foto: Foxys_forest_manufacture/istock photo

Melansir Eating Well, Minggu (15/10), berdasarkan nilai gizinya dari yang tertinggi hingga terendah, kategori tersebut adalah jus buah segar (jus 100%), jus dari konsentrat, jus bukan dari konsentrat, jus cold-press dan minuman buah. Jus segar 100% memberikan nilai gizi paling tinggi dan tambahan gula serta kalori terendah.\

Baca Juga: Stroberi Buah yang Tak Sekadar Segar, tapi Kaya Nutrisi

 “Jus seratus persen adalah minuman apa pun yang dibuat dari buah baik dengan cara diperas, diperas, atau dihaluskan buah untuk mengekstrak cairan manis di dalamnya. Jus ini dengan bangga akan diiklankan di label depan jus 100%,” kata Blanca Garcia, RDN, ahli gizi ahli diet terdaftar di Health Canal, dikutip dari Eating Well.

Apa yang Terjadi jika Mengkonsumsi Jus Setiap Hari?
Ilustrasi anak kecil mengkonsumsi jus buah. Foto: miniseries/istock photo
Ilustrasi anak kecil mengkonsumsi jus buah. Foto: miniseries/istock photo

“Mengonsumsi jus setiap hari dapat meningkatkan kadar gula darah, meningkatkan total kalori yang dikonsumsi dalam sehari, berkontribusi terhadap penambahan berat badan, dan meningkatkan risiko gigi berlubang,” Garcia memperingatkan.

Kesehatan Anda dapat dipengaruhi dengan cara yang berbeda oleh kebiasaan minum jus setiap hari, tergantung pada jenis jus dan bahan-bahannya.

Sebagai langkah rutin, disarankan untuk menjadi konsumen yang bijak dengan memeriksa label dan daftar bahan sebelum membeli, sehingga dapat menghindari konsumsi gula dan kalori berlebih yang tidak diinginkan.

“Saat memilih jus kemasan, pilihlah jus dengan jumlah bahan paling sedikit untuk kesegarannya,” kata Garcia. "Beberapa jus mengandung bahan pengawet, pewarna, dan perasa yang berbahaya."

Bolehkah Mengonsumsi Jus Tiap Hari?
Ilustrasi jus buah. Foto: Eleganza/istock photo
Ilustrasi jus buah. Foto: Eleganza/istock photo


Meskipun ada manfaat gizi dalam meminum jus, seperti vitamin C dan potasium, sebaiknya tidak meminum jus setiap hari sebagai kebiasaan utama.

Jus cenderung tinggi gula, kalori, dan kurang serat. Sebagai alternatif yang lebih baik, lebih baik mengonsumsi buah secara langsung dalam bentuk makanan utuh.
Buah utuh mengandung serat, yang terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular dan obesitas yang lebih rendah.

Jus Apa yang Paling Baik?
Jus yang paling baik adalah yang terbuat dari buah 100 persen. Foto: rrvachov/istock photo
Jus yang paling baik adalah yang terbuat dari buah 100 persen. Foto: rrvachov/istock photo


Jus yang paling sehat untuk dipilih adalah jus buah 100%. Jika memungkinkan, minumlah jus buah 100% yang mengandung ampas.

“Daging buahnya meningkatkan kandungan serat pada jus, membantu tubuh Anda mengelola kadar gula darah dengan lebih baik,” ujar Garcia.

Bolehkah minum jus saat perut kosong?
Ilustrasi seseorang mengkonsumsi jus buah saat sarapan. Foto: Erdark/istock photo
Ilustrasi seseorang mengkonsumsi jus buah saat sarapan. Foto: Erdark/istock photo
Jika Anda menikmati minum jus dalam jumlah sedang, cobalah mengonsumsinya setelah ada makanan di perut Anda.

“Minum jus saat perut kosong bisa menyebabkan lonjakan gula darah, Peningkatan kadar gula darah secara kronis dapat menyebabkan masalah kesehatan dan meningkatkan risiko terkena diabetes,” tambah Garcia.
Editor
Komentar
Banner
Banner