Pemilu 2024

Sekolah di Banyuwangi Simulasikan Pemilu 2024 Melalui Pemilihan Ketua OSIM

Menyambut pesta demokrasi pada pemilu 2024 mendatang, salah satu sekolah di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, MA Nurul Khoiroh menggelar pemilihan OSIM.

Featured-Image
Dua pelajar sedangmenggunakan hak pilihnya dalam pemilihan Ketua OSIM MA Nurul Khoiroh, Kalipuro, Banyuwangi, Kamis (16/2). (Foto: apahabar.com/Mohamad Abdul)

bakabar.com, BANYUWANGI - Menyambut pesta demokrasi pada pemilu 2024 mendatang, salah satu sekolah di Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, MA Nurul Khoiroh menggelar pemilihan Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) periode 2023-2024, Kamis (16/2).

Berbeda dengan pemilihan pada periode sebelumnya, pemilihan Osim kali ini diadakan sesuai dengan tata cara pemilihan kepala daerah (pilkada) ataupun presiden di Indonesia yaitu dengan pencoblosan secara langsung.

Tak hanya itu, dalam pemilihan juga lengkap dengan pengawas atau jika pada pemilihan umum yakni Bawaslu.

Baca Juga: Polsekta Banyuwangi Tangkap Pedagang Mainan Diduga Cabuli Puluhan Siswi SD

Kegiatan yang menganut sistem dari siswa, oleh siswa, untuk siswa ini diharapkan bisa memberikan pelajaran untuk menggunakan hak pilih secara bertanggung jawab.

Kepala Madrasah MA Nurul Khoiroh Rosyidah mengatakan bahwa pelaksanaan pemilihan Ketua OSIM periode 2023-2024 ini adalah wujud penanaman demokrasi sejak dini sehingga nantinya terbiasa dengan alam demokrasi yang ada di negara ini.

"Kegiatan ini merupakan wujud dari puncak proyek penguatan profil pelajar pancasila yang mengambil tema musyawarah," ujar Rosidah pada bakabar.com.

Seorang siswa sedang mencelupkan jari kelingking sebagai pertanda sudah mengikuti pemilihan Ketua OSIM MA Nurul Khoiroh, Kalipuro, Banyuwangi, Kamis (16/2). (Foto: bakabar.com/Mohamad Abdul)
Seorang siswa sedang mencelupkan jari kelingking sebagai pertanda sudah mengikuti pemilihan Ketua OSIM MA Nurul Khoiroh, Kalipuro, Banyuwangi, Kamis (16/2). (Foto: bakabar.com/Mohamad Abdul)

"Sekarang kan ada kurikulum baru, kurikulum merdeka yang telah diresmikan oleh Menteri Pendidikan. Nah ini kita terapkan ke anak anak," imbuhnya.

Sebelumnya, rangkaian Pemilu OSIM ini telah dilaksanakan sejak awal bulan Januari 2023 dengan pembentukan partai-partai, mengusung calon ketua dan wakil, mengadakan kampanye, coklit, pembentukan KPPS dan pendirian tempat pemungutan suara (TPS).

Baca Juga: Jelang Panen Raya, Petani Buah Naga di Banyuwangi Khawatir Harga Anjlok

"Pemilihan OSIM kali ini benar-benar kita laksanakan layaknya pemilu. Tujuannya untuk mengenalkan dan menanamkan sikap demokrasi, gotong royong, jujur dan adil" pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner