Kesehatan Jantung

Segelas Wine Sehari Ternyata Bagus untuk Kesehatan Jantung

Wine punya dampak baik untuk kesehatan jika dikonsumsi dalam batas wajar. Salah satunya bagus untuk kesehatan jantung.

Featured-Image
Wine memiliki manfaat baik untuk tubuh seperti kandungan antioksidan dan bak untuk kesehatan jantung dan otak. Foto: fsafotodigital

bakabar.com, JAKARTA –  Wine punya dampak baik untuk kesehatan, jika dikonsumsi dalam batas wajar. Salah satunya bagus untuk kesehatan jantung.

Konsumsi wine dalam jumlah yang tepat dan sehat ternyata bisa bermanfaat untuk kesehatan.  Namun, perlu diingat bahwa manfaat ini mungkin tidak berlaku untuk semua orang dan terlalu banyak alkohol dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan.

Wine harus dikonsumsi dalam batas wajar. Foto: franckreporter/istock photo
Wine harus dikonsumsi dalam batas wajar. Foto: franckreporter/istock photo

Berikut adalah beberapa manfaat yang telah dikaitkan dengan konsumsi wine dalam jumlah yang moderat, dikutip dari Healthline.

Perlindungan Jantung
Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi moderat wine, terutama wine merah, dapat berkontribusi pada kesehatan jantung. Kandungan polifenol seperti resveratrol dalam wine merah dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan meningkatkan fungsi jantung.

Baca Juga: Manfaat Matcha, Baik untuk Kesehatan Jantung dan Cegah Penuaan Dini

Antioksidan
Wine, khususnya wine merah, mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk resveratrol dan flavonoid. Antioksidan dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dan penuaan dini.

Kesehatan Otak
Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi moderat wine dapat berhubungan dengan peningkatan kesehatan otak dan mengurangi risiko penyakit neurodegeneratif seperti Alzheimer dan demensia. Ini mungkin terkait dengan efek protektif antiinflamasi dan antioksidan dari senyawa seperti resveratrol.

Kesehatan Metabolisme
Beberapa penelitian menyiratkan bahwa konsumsi moderat wine, khususnya wine merah, dapat memiliki efek positif pada regulasi gula darah dan metabolisme tubuh. Ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Kesehatan Saluran Pencernaan
Secara moderat, wine dapat membantu merangsang nafsu makan dan meredakan gangguan pencernaan ringan. 

“Mungkin jika Anda menderita Red Wine Headache Syndrome karena kurangnya enzim yang memetabolisme histamin (H) yang dimiliki anggur merah, yang menyebabkan pelepasan antihistamin. Itu bisa menyebabkan tekanan darah tinggi dan sakit kepala,” tulis Ahli Gizi Kavita Devgan lewat postingannya di Facebook, dikutip dari Health Shots.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Institut Nasional Penyalahgunaan Alkohol dan Alkoholisme (NIAAA) telah merilis pernyataan publik yang menyatakan bahwa tidak ada jumlah alkohol yang dianggap aman.

Konsumsi alkohol juga harus dihindari oleh beberapa kelompok, seperti wanita hamil, orang dengan masalah kesehatan tertentu, dan mereka yang memiliki riwayat keluarga dengan masalah alkohol.

Mengutip Healtline, jumlah yang dianggap konsumsi wine yang moderat berbeda-beda tergantung pada pedoman kesehatan di berbagai negara. Secara umum, ini mungkin berarti sekitar satu gelas (sekitar 150 ml) wine per hari untuk perempuan dan hingga dua gelas untuk laki-laki.

Sebelum mengubah pola makan atau gaya hidup Anda, sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan profesional kesehatan untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi kesehatan pribadi.

Editor


Komentar
Banner
Banner