Hot Borneo

Ratusan Atlet Balogo Ikuti Festival Olahraga Tradisional di Tapin

apahabar.com, RANTAU – Dispora Tapin bekerja sama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar Festival…

Featured-Image
Suasana Festival Olahraga Tradisional Balogo di lapangan Basket Bur Anwar Tapin. Foto-Istimewa

bakabar.com, RANTAU – Dispora Tapin bekerja sama dengan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) menggelar Festival Olahraga Tradisional Balogo di lapangan Basket Bur Anwar, Sabtu (20/8).

Festival tersebut digelar dalam rangka memperingati HUT Ke-77 RI dan diikuti ratusan atlet balogo dari 10 kabupaten/kota se-Kalimantan Selatan.

Kegiatan ditandai dengan pemukulan pertama balogo oleh Ketua Kormi Tapin, H Midpay Syahbani, dan Camat Tapin Utara Rini Yusnita.

Panitia pelaksana, Marsudi Erham, mengatakan ada 80 tim yang mengikuti Festival Olahraga Tradisional Balogo.

“Setiap tim ada tiga orang peserta,” ujarnya.

Dalam event tersebut, Kabupaten Tapin mengirimkan 32 tim. Sedangkan 48 tim lainnya dari sembilan Kabupaten/Kota lainnya se-Kalimantan Selatan.

Sementara Ketua Kormi Tapin, H Midpay Syahbani, menyambut baik digelarnya lomba balogo yang diikuti oleh para atlet se-Kalimantan Selatan.

Selain melestarikan permainan tradisional, event ini juga untuk meningkatkan olahraga rekreasi dan menjadi wadah persiapan Forda Kalsel 2023 mendatang serta melahirkan atlet-atlet balogo Kabupaten Tapin.

“Target kita adalah juara dalam Fornas Tahun 2023 mendatang,” tegasnya.

Camat Tapin Utara, Rini Yusnita, menambahkan event ini digelar untuk memperkenalkan permainan tradisional kepada generasi muda.



Komentar
Banner
Banner