Wisata Lumajang

Ranu Regulo, Danau yang Memukau di Ketinggian 2.100 mdpl

Ranu Regulo merupakan salah satu destinasi wisata di Lumajang. Wisata ini menyuguhkan keindahan pemandangan danau di kaki Gunung Semeru.

Featured-Image
Pengunjung saat akan berswafoto di dermaga Ranu Regulo, Lumajang. Foto: apahabar.com/David Firmansyah

bakabar.com, LUMAJANG - Ranu Regulo merupakan salah satu destinasi wisata di Lumajang. Wisata ini menyuguhkan keindahan pemandangan danau di kaki Gunung Semeru dengan ketinggian 2.100 mdpl.

Ranu Regulo berada di kawasan TNBTS Resort PTN Ranu Pani, Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Perjalanan menuju Ranu Regulo dapat ditempuh dengan berjalan kaki sejauh 100 meter dari tempat penitipan kendaraan. 

Selain itu, biaya masuk kawasan Ranu Regulo cukup terjangkau. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 19.000 maka pengunjung dapat menikmati keindahan pesona Ranu Regulo. Bahkan bisa bermalam di sekitar danau. 

Mendirikan tenda, makan dan minum sambil menikmati suasana sejuk di Ranu Regulo adalah kegiatan yang biasanya dilakukan pengunjung. Tidak hanya itu, pengunjung juga menggunakan beberapa spot untuk foto kemudian diunggah di akun Instagram pribadi. Seperti di dermaga kecil, dari dalam tenda yang menghadap ke danau, dan pohon mati yang menjadi tempat duduk.

Momen yang terbaik menikmati keindahan Ranu Regulo adalah saat pagi hari ketika kabut masih mengelilingi danau. Cahaya matahari saat akan terbit menembus dari balik pepohonan yang lebat juga memanjakan mata pengunjung.

Bagi pengunjung yang sekadar berkunjung dan tidak menginap hanya membayar parkir sebesar Rp. 5.000 saja. Seperti yang dilakukan salah satu pengunjung dari Jember, Robin (23).

Robin (23) bersama empat orang lainnya berangkat dari kos untuk menikmati akhir pekan. Mahasiswa Prodi Hukum Tata Negara Universitas Jember itu mengatakan, dirinya sering kali berkunjung ke Ranu Regulo untuk menenangkan pikiran dari sibuknya perkotaan Jember setelah bekerja.

"Saya sering kesini setelah bekerja, biasanya akhir pekan seperti sekarang. Di sini enaknya itu sedikit tenang, tapi kalau weekend ya banyak pengunjung", ujar Robin

Terpantau saat di lokasi, Ranu Regulo terlihat penuh dengan pengunjung. Lebih dari 26 tenda untuk camping memenuhi setiap sudut di sekitar danau.

Beberapa peralatan yang wajib dibawa ketika ingin camping di sekitar Ranu Regulo adalah jaket tebal, tenda, sleeping bag, kaos kaki, dan baju yang hangat karena suhu dingin yang bisa mencapai -4° C. Cukup untuk membuat pengunjung mengalami hypotermia yang serius.

Sementara itu, para pengunjung harus mematuhi aturan seperti dilarang berenang di danau Ranu Regulo agar air tidak tercemar. Air danau Ranu Regulo berwarna biru kehijauan tampak memukau bersamaan dengan matahari ketika terbit maupun terbenam yang tampak dari balik pepohonan yang mengelilingi danau.

Namun, di balik pesonanya, ternyata kedalaman air lebih dari 10 meter dan suhunya juga dingin. Lalu, pengunjung harus menjaga kebersihan kawasan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Pengunjung dilarang berenang di Ranu Regulo agar tidak tercemar. Kemudian pengunjung harus menjaga kawasan wisata dari sampah" jelas Humas TNBTS Hendra

Editor
Komentar
Banner
Banner