LIFESTYLE

Pos Bloc Ajak Seniman Muda Rayakan HUT Jakarta ke-496

Pos Bloc menghadirkan kembali acara kesenian di dalamnya dalam tajuk “JACARTRA, Merayakan Keberagaman, Memberdayakan Pemuda”.

Featured-Image
Penyelenggaraan acara seni tajuk “JACARTRA, Merayakan Keberagaman, Memberdayakan Pemuda”. Foto: dok. JACARTRA

bakabar.com, JAKARTA – Pos Bloc siap menghadirkan 31 seniman muda untuk merayakan hari ulang tahun Jakarta ke-496 dalam acara bertajuk “JACARTRA, Merayakan Keberagaman, Memberdayakan Pemuda”.

Kata “Jacartra” sendiri diambil dari kata Jacatra diadaptasi dari Fort Jacatra yang merupakan salah satu benteng pertama VOC, ketika pertama kali mereka menginjakkan kaki di kota Jayakarta.

“Dasar filosofis itu yang kemudian diangkat oleh Pos Bloc, dimana nilai filosofis dari nama tersebut mengartikan bahwa Pos Bloc akan selalu menjadi salah satu kantong kebudayaan,” ujar Program Koordinator Pos Bloc Jakarta Radityo Kusumo Nirbita.

Baca Juga: Dilantik Jadi Wakapolri, Berikut Kasus Besar yang Ditangani Agus Andrianto

Acara tersebut juga menandai bahwa Pos Bloc membuka lebar setiap aktivitas berkesenian, juga kebudayaan di area Jakarta Pusat.

“Melalui project itu Pos Bloc terus konsisten untuk hadir sebagai ruang kolaborasi dan berkesenian” tambahnya.

Konsistensi tersebut adalah dengan menjaga nilai kesenian yang hadir serta menjadi fokus Pos Bloc Jakarta, sejak diresmikannya tanggal 10 Oktober 2021 lalu.

Harapannya, dengan menghadirkan Pameran Seni Rupa, Pos Bloc dapat terus memberikan ruang kolaborasi bagi semua pelaku kebudayaan khususnya dalam mengekspresikan dan memperkenalkan karyanya.

Baca Juga: Jalan Panjang William Soerjadjaja Bangun Industri Otomotif Indonesia

Identitas Jakarta Pusat sebagai sentra juga menjadi dasar diadakannya event kesenian tersebut. Dengan demikian diharapkan dapat mengembalikan esensi “pusat” sebagai titik berkumpulnya para insan kreatif, komunitas seni dan pemangku kebudayaan

Tujuannya untuk terus berkembang dan menemukan kembali identitas aslinya selaku kota yang besar dari ruang dan nama. Mengingat Fort Jacatra juga merupakan benteng pelindung dan pusat kota.

Konsep itu lantas dihadirkan sebagai tanda bahwa Pos Bloc Jakarta selalu erat terhadap seni, kebudayaan, dan Entertainment in Herritage Place.

Sehingga mampu untuk terus menghadirkan keberagaman kreatifitas, kesenian, dan komunitas.

Baca Juga: Jenna Norodom: Cicit Kerajaan Kamboja Debut K-pop Idol, Privilage atau Bakat?

Pameran seni rupa itu diinisasi oleh kolaborasi bersama Irvin Domi sebagai Direktur Artistik merancang ruang pameran serta mengatur program acara.

Pada sesi opening, Pameran Seni Rupa “Jacartra” dibuka oleh grup musik Warkop Bahagia dengan Nuansa musik reggae.

Kemudian dilanjutkan oleh MC, dan kata sambutan yang diawali oleh Program Coordinator Pos Bloc Jakarta Radityo Kusumo Nirbita beserta Irvin Domi selaku Direktur Artistik.

Di penghujung acara, opening ceremonial itu ditutup dengan musik karaoke oleh DJ Ompong Bahagia.

Baca Juga: Agnez Mo feat Ciara Rilis “Get Loose”, Single dengan Sentuhan Dangdut Catchy

Pameran Seni Rupa “Jacartra” akan berlangsung selama 7 hari, dimulai dari tanggal 30 Juni, dan berakhir ditanggal 7 Juli 2023.

Di dalam pameran itu akan diramaikan dengan hadirnya Becuz Apparel yang merupakan bidang usaha cinderamata khusus Jakarta dengan nuansa Betawi.

Kehadirannya diharapkan dapat memberikan dukungan penuhnya terhadap Pameran Seni Rupa “Jacartra” itu.

Acara kesenian Jacartra itu, dukungan oleh Nu Sunrise yang juga memberi kontribusinya di Pameran Seni Rupa itu.

Baca Juga: Influencer Kebugaran Jo Lindner Tutup Usia karena Aneurisma, Apa Itu?

Di sudut kuliner, Pos Bloc Jakarta menghadirkan juga makanan khas Betawi yang khusus disiapkan oleh kuliner lokal dari Pos Bloc Jakarta sebagai bentuk apresiasi terhadap budaya Betawi dan Jakarta.

Dalam pameran seni rupa itu juga direncanakan untuk menghadirkan lokakarya dan aktifitas kebudayaan lainnya dari para seniman.

Mulai dari seniman dari Mahasiswa Institut Kesenian Jakarta, Clay Cafe dan Komunitas Kreatif lainnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner